Marimask: Inovasi Masker Biodegradable untuk Lindungi Kehidupan Laut

Yawen Chen dan Tim Menciptakan Masker Berbahan Dasar Rumput Laut untuk Kurangi Polusi Masker

Marimask, masker wajah berbahan dasar rumput laut yang bisa terurai secara alami, diciptakan oleh Yawen Chen dan tim sebagai solusi inovatif untuk mengurangi polusi masker yang membahayakan kehidupan laut.

Setiap bulan, seiring dengan pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, diperkirakan sebanyak 200 miliar masker sekali pakai dibuang dan masuk ke sungai serta lautan. Masker pelindung pribadi (PPE) sintetis ini dapat membahayakan kehidupan laut, baik dengan merangkak mereka dengan tali masker, maupun dengan mencemari lingkungan dengan material yang tidak bisa terurai. Hanya kurang dari 20% orang yang mengetahui bahwa memotong tali masker adalah cara yang tepat untuk membuang masker.

Marimask hadir sebagai solusi inovatif untuk masalah ini. Masker ini dilengkapi dengan tali yang mudah dipotong. Pengguna hanya perlu menekan tombol yang telah disediakan, dan tali masker akan terputus dengan mudah. Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko kehidupan laut yang terjerat oleh masker. Lebih dari itu, Marimask terbuat dari bahan yang dapat terurai dan dikompos setelah digunakan.

Marimask dan kemasannya terbuat dari bahan berbasis rumput laut, yang dapat terurai di tanah atau air laut. Serat rumput laut yang ditambahkan ke masker memiliki efek antibakteri karena akan membentuk lingkungan asam lemah yang kaya akan ion natrium dan kalsium, di mana bakteri tidak bisa bertahan hidup. Selain itu, efisiensi filter masker ini mencapai standar KN95.

Proyek ini dimulai pada Desember 2022 dan selesai pada Februari 2023 di Guangzhou. Dalam prosesnya, tim menghadapi tantangan dalam memilih struktur yang tepat untuk memungkinkan orang memotong tali masker dengan cara yang alami dan efisien. Akhirnya, mereka memilih struktur tombol tekan, yang membuat aksi memotong tali masker konsisten dengan aksi melepas masker, yang mudah dan nyaman.

Marimask telah mendapatkan penghargaan Iron dalam A' Disposable and Single-Use Product Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan untuk kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Marimask dihargai karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, memberikan kepuasan dan perasaan positif, serta berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Yawen Chen
Kredit Gambar: Yawen Chen
Anggota Tim Proyek: Yawen Chen Xiaofeng Wu Lixuan Zhao Angchi Huang
Nama Proyek: Marimask
Klien Proyek: Yawen Chen


Marimask IMG #2
Marimask IMG #3
Marimask IMG #4
Marimask IMG #5
Marimask IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang