"Light or Dark": Permainan Papan Edukatif yang Mengajarkan Pentingnya Energi Berkelanjutan

Desain Inovatif oleh Lan Zhou dan Xinlu Yang Menggabungkan Permainan dan Pendidikan Lingkungan

Permainan papan dua pemain berjudul "Light or Dark" dirancang oleh Lan Zhou dan Xinlu Yang. Dengan latar belakang krisis energi dunia, permainan ini dirancang untuk mengajarkan anak-anak tentang pentingnya energi berkelanjutan dan perlindungan lingkungan.

Permasalahan kekurangan energi dan polusi lingkungan telah menjadi isu global yang berkepanjangan. Pada tahun 2022, keseimbangan antara pasokan dan permintaan energi di dunia menjadi semakin tidak seimbang. Sementara itu, konsep penghematan energi, pengurangan emisi, dan gaya hidup berkelanjutan perlu ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari setiap individu.

"Light or Dark" adalah permainan papan yang dirancang untuk dua pemain. Melalui berbagai pengaturan elemen, permainan ini mengajak anak-anak untuk menyelesaikan tugas secara kooperatif dalam berbagai batasan. Selama permainan, anak-anak diharuskan untuk melihat situasi secara keseluruhan dan merencanakan secara rasional dalam menghadapi dan menyelesaikan serangkaian masalah. Hal ini menguji dan mengembangkan rasa waktu, konsentrasi, dan strategi komprehensif anak.

Permainan ini dibuat dengan blok dasar papan permainan yang terbuat dari kayu beech berwarna, dan komponen lainnya terbuat dari ABS atau PMMA. Ukuran permainan ini adalah 330 mm (lebar) x 235 mm (kedalaman) x 53 mm (tinggi).

Setelah menarik kartu peta secara acak dan menyelesaikan perakitan, pemain menempatkan jam pasir untuk memulai permainan. Pemain perlu menggunakan energi mentah terbatas untuk menanam pohon, menahan badai, mengendalikan penyebaran polusi, dan menyelesaikan tugas membangun stasiun energi baru untuk memenangkan permainan. Setiap kali jam pasir menyala, itu menandakan penyebaran polusi, dan ketika stasiun energi menyala, itu berarti generasi energi baru.

Proyek ini dimulai pada Desember 2022 di Milan dan selesai pada Februari 2023 di Milan. Setelah pembentukan awal aturan permainan, anak-anak di atas usia 7 tahun diundang untuk melakukan playtest. Mereka memberikan umpan balik tentang desain permainan itu sendiri dan umpan balik emosional mereka yang kaya. Beberapa dari mereka memenangkan permainan dengan berpikir dengan tenang dan menyesuaikan strategi mereka dalam menghadapi situasi yang tegang, sementara yang lain gagal dalam kepanikan. Namun, ini juga membuat mereka menyadari perlunya perlindungan lingkungan, yang membuat kemenangan dan kekalahan dalam permainan menjadi sama-sama berarti.

"Light or Dark" telah memenangkan penghargaan Bronze dalam A' Toys, Games and Hobby Products Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang menunjukkan pengalaman dan keterampilan yang luar biasa. Dikenal karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, mereka menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Lan Zhou and Xinlu Yang
Kredit Gambar: Lan Zhou & Xinlu Yang, Light or Dark, 2023
Anggota Tim Proyek: Designer: Lan Zhou Designer: Xinlu Yang
Nama Proyek: Light or Dark
Klien Proyek: Lan Zhou and Xinlu Yang


Light or Dark IMG #2
Light or Dark IMG #3
Light or Dark IMG #4
Light or Dark IMG #5
Light or Dark IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang