Impresi Westlake: Meredefinisi Identitas Merek Melalui Desain

Chao Yang Menciptakan Identitas Merek Baru untuk "Impresi Westlake" dengan Pendekatan Desain yang Terdesentralisasi

Impresi Westlake, sebuah merek seni pertunjukan, telah mendapatkan identitas merek baru yang unik dan menarik, berkat karya desainer terkenal, Chao Yang. Dengan pendekatan desain yang terdesentralisasi, Chao Yang berhasil menciptakan identitas merek yang menonjol dan berbeda dari yang lain.

"Impresi Westlake" adalah merek seni pertunjukan yang berlatar belakang Danau Barat. Dengan menggabungkan budaya dan seni Timur dan Barat, pertunjukan ini diselenggarakan di atas panggung persegi yang berada sekitar 10 cm di bawah permukaan air Danau Barat. Konsep desain ini diilhami oleh panggung persegi tersebut dan jendela untuk promosi budaya urban.

Yang unik dari proyek ini adalah pendekatan desain yang digunakan oleh tim desain. Mereka mencoba untuk membuat set VI tanpa logo. Metode desain yang terdesentralisasi diajukan, yaitu untuk menghilangkan logo sebagai pusat pengenalan visual, dan beralih ke metode desain sistem yang membentuk identitas dengan kelompok grafis.

Proyek ini dimulai di Hangzhou pada Agustus 2020 dan diharapkan akan dipresentasikan di Hangzhou pada April 2022. Dalam prosesnya, tim desain menghadapi beberapa tantangan kreatif dan teknis. Namun, dengan penelitian dan eksplorasi yang mendalam, mereka berhasil mengatasi tantangan tersebut dan menciptakan identitas merek yang kuat dan menarik.

Impresi Westlake bukan hanya perusahaan seni pertunjukan, tetapi juga pertunjukan lanskap nyata yang diciptakan oleh tim "Segitiga Besi" dari sutradara Zhang Yimou, Wang Chaoge, dan Fan Yue. Pertunjukan ini telah dipentaskan sebanyak 3.000 kali dan diterima oleh 2,9 juta penonton. Pada tahun 2016, atas permintaan Kementerian Luar Negeri Republik Rakyat Tiongkok, pertunjukan asli "Impresi Danau Barat" direvisi menjadi "Kenangan Terindah Hangzhou", dan dipentaskan sebagai proyek dari KTT G20 Hangzhou.

Proyek ini telah mendapatkan pengakuan dan pujian yang tinggi, termasuk penghargaan Iron dalam A' Graphics, Illustration and Visual Communication Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri.

Dengan pendekatan desain yang terdesentralisasi dan fokus pada pembentukan identitas dengan kelompok grafis, Chao Yang telah berhasil menciptakan identitas merek baru untuk "Impresi Westlake" yang kuat dan menarik. Ini adalah contoh bagus tentang bagaimana desain dapat digunakan untuk menciptakan identitas merek yang kuat dan berbeda dari yang lain.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Chao Yang
Kredit Gambar: Chao Yang
Anggota Tim Proyek: Chao Yang
Nama Proyek: Westlake Impression
Klien Proyek: Chao Yang


Westlake Impression IMG #2
Westlake Impression IMG #3
Westlake Impression IMG #4
Westlake Impression IMG #5
Westlake Impression IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang