Parametric Generation: Inovasi Desain Arsitektur Masa Depan

Desain Otomatis dengan Grasshopper

Desain arsitektur adalah seni yang memadukan keindahan dan fungsionalitas. Namun, seringkali proses desain memakan waktu yang lama dan sulit untuk mencapai konsistensi dalam gaya arsitektur. Namun, dengan perkembangan teknologi parametrik, desainer arsitektur kini memiliki alat yang kuat untuk mengatasi tantangan ini. Salah satu contoh terbaik adalah proyek Parametric Generation yang dikembangkan oleh Junming Chen menggunakan teknologi Grasshopper (GH).

Proyek Parametric Generation menggunakan teknologi parametrik Grasshopper (GH) untuk secara otomatis menghasilkan desain kota perumahan di Sichuan Timur. Dengan menggunakan teknologi ini, proyek ini berhasil mengatasi masalah gaya desain yang tidak konsisten dan efisiensi desain yang rendah di kota-kota kecil. Dengan menggunakan GH untuk menghasilkan bangunan, proyek ini menggantikan gambar dan pemodelan manual, mewujudkan gaya arsitektur yang seragam, meningkatkan efisiensi desain, dan memastikan kelanjutan dan inovasi budaya Chuandong di kota.

Apa yang membuat proyek Parametric Generation ini unik adalah penggunaan teknologi GH untuk menghasilkan dan memodifikasi kota dengan cepat. Dalam proyek ini, teknologi parametrik dieksplorasi untuk mewujudkan warisan dan inovasi rumah-rumah rakyat Sichuan Timur. Desain arsitektur ini melakukan evolusi desain modern untuk rumah-rumah rakyat Sichuan Timur, menjadikan desain arsitektur lebih modern. Dalam desain ini, ruang arsitektur dan komersial dirancang untuk dapat digabungkan secara fleksibel untuk mencapai berbagai fungsi dan menjaga konsistensi penampilan arsitektur.

Proyek Parametric Generation ini menggunakan prinsip-prinsip desain Arsitektur Chuandong yang ditulis sebagai program GH untuk mewujudkan generasi otomatis dan kontrol gaya arsitektur kota. Teknologi ini memiliki dua keuntungan utama. Pertama, gaya desain arsitektur menjadi seragam dan karakteristik budaya tetap terjaga. Kedua, desainer dapat melakukan desain detail berdasarkan bangunan yang dihasilkan oleh GH untuk mencapai detail yang kaya dan metode yang efisien. Hanya membutuhkan beberapa menit untuk mengembangkan seluruh kota dengan GH, model yang dihasilkan akurat, dan model BIM dapat diekspor secara langsung untuk memandu konstruksi.

Proyek Parametric Generation ini mencakup kompleks bangunan dengan luas sekitar 100.000 meter persegi dan terdiri dari bangunan-bangunan individual dengan gaya Sichuan Timur. Bangunan-bangunan terpisah dapat digabungkan secara bebas, dan GH menghasilkan setiap bangunan tersebut.

Interaksi dengan proyek Parametric Generation ini juga sangat sederhana. Desainer memasukkan parameter yang diperlukan oleh bangunan ke dalam GH, seperti panjang, lebar, tinggi, ukuran atap, dan kemiringan atap, untuk menghasilkan bangunan. Jika modifikasi diperlukan, desainer dapat langsung memasukkan parameter yang diperlukan untuk menghasilkan ulang bangunan tersebut.

Proyek Parametric Generation ini dilaksanakan di Chongqing dan waktu desainnya adalah tahun 2023. Proyek ini merupakan hasil dari kolaborasi banyak desainer yang berhasil mengatasi tantangan desain kota yang kompleks. Dengan menggunakan teknologi parametrik GH, proyek ini berhasil menghasilkan desain kota yang sesuai dengan lokasi dan meneruskan gaya arsitektur Sichuan Timur.

Proyek Parametric Generation ini telah meraih penghargaan Silver di A' Design Award 2023 dalam kategori A' Generative, Algorithmic, Parametric and AI-Assisted Design. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif, inovatif, dan mengesankan secara profesional. Proyek ini menunjukkan tingkat keunggulan yang luar biasa dalam karakteristik teknis dan keahlian artistiknya, serta memperkenalkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.

Dengan proyek Parametric Generation ini, Junming Chen telah membuktikan bahwa teknologi parametrik dapat menghasilkan desain arsitektur yang unik, efisien, dan konsisten. Proyek ini adalah langkah maju dalam inovasi desain arsitektur masa depan dan membuka pintu bagi penggunaan teknologi parametrik dalam perencanaan perkotaan.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Junming Chen
Kredit Gambar: Junming Chen
Anggota Tim Proyek: Junming Chen
Nama Proyek: Parametric Generation
Klien Proyek: Junming Chen


Parametric Generation IMG #2
Parametric Generation IMG #3
Parametric Generation IMG #4
Parametric Generation IMG #5
Parametric Generation IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang