Harlequin: Antara Karakter Komikal dan Realitas Sindrom Medis

Proyek Iklan Cetak dari Squared Menggugah Kesadaran tentang Sindrom Harlequin

Harlequin, karakter yang sering kali dianggap komikal, kini menjadi simbol dari suatu kondisi medis yang serius. Squared, sebuah agensi periklanan, menciptakan kampanye iklan yang menggambarkan perbedaan antara karakter Harlequin yang komikal dan realitas hidup dengan Sindrom Harlequin.

Sindrom Harlequin adalah suatu kondisi yang mempengaruhi sistem saraf otonom dan ditandai dengan tidak adanya keringat dan kemerahan pada satu sisi wajah. Dalam kampanye iklannya, Squared menciptakan ilustrasi visual kunci yang berdasarkan pada yuxtaposisi dari berbagai representasi Harlequin. Tujuannya adalah untuk menyoroti perbedaan antara representasi komikal karakter Harlequin dan realitas hidup dengan Sindrom Harlequin, sekaligus menekankan pentingnya pemahaman dan kesadaran yang lebih besar tentang kondisi tersebut.

Ilustrasi yang cermat dan terperinci menjadi kunci dalam mencapai hasil akhir kampanye iklan ini. Iklan ini digunakan dalam media cetak dan digital, mulai dari poster berukuran 70 x 100 cm, halaman cetak A4, hingga berbagai ukuran banner. Kata kunci yang digunakan dalam desain ini mencakup kerajinan, ilustrasi, iklan, sosial, keterampilan, cetak, poster, desain, dan arah seni.

Proyek ini dikembangkan selama triwulan pertama tahun 2023. Dalam prosesnya, tantangan terbesar adalah mengintegrasikan dua sisi yang berlawanan dari Harlequin - satu sisi adalah karakter komikal yang ringan dan sisi lainnya adalah kondisi medis yang serius. Tantangan adalah bagaimana menggabungkan dua sisi karakter yang sama namun berbeda ini tanpa mengironisasi atau memposisikan orang-orang yang menderita sindrom ini sebagai korban.

Kampanye iklan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang Sindrom Harlequin. Agensi Squared mengembangkan ilustrasi visual kunci yang berdasarkan pada yuxtaposisi dari berbagai representasi Harlequin. Tujuannya adalah untuk menyoroti perbedaan antara representasi komikal karakter Harlequin dan realitas hidup dengan Sindrom Harlequin, sekaligus menekankan pentingnya pemahaman dan kesadaran yang lebih besar tentang kondisi tersebut.

Desain ini telah memenangkan penghargaan Silver dalam A' Social Design Award pada tahun 2023. Penghargaan Silver A' Design Award diberikan kepada desain yang luar biasa, kreatif, dan menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain ini dikagumi karena karakteristik teknis yang kuat dan keterampilan artistik yang luar biasa, menunjukkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan memperkenalkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Yana Okoliyska
Kredit Gambar: Creative Director Yana Okoliyska Illustrator Yana Okoliyska Copywriter Dessislava Pavlova Agency Squared
Anggota Tim Proyek: Creative Director - Yana Okoliyska Copywriter - Dessislava Pavlova
Nama Proyek: Not Always Fun
Klien Proyek: Yana Okoliyska


Not Always Fun IMG #2
Not Always Fun IMG #3
Not Always Fun IMG #4
Not Always Fun IMG #5
Not Always Fun IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang