Centrestage 2022: Panggung Inklusi dan Keanekaragaman dalam Dunia Mode

Desain Ruang Acara oleh Dury Chin Menghidupkan Visi Metaverse

Centrestage, acara tahunan yang menjadi sorotan bagi merek-merek mode Asia yang sedang naik daun, kembali dengan tema Inklusi dan Keanekaragaman. Acara ini tidak hanya menjadi platform bagi para pengunjung untuk mengekspresikan imajinasi mereka melalui keindahan dan estetika, tetapi juga menawarkan pengalaman yang memadukan dunia nyata dan virtual.

Desainer Dury Chin telah menciptakan ruang multifungsi seluas 6665 m2 yang berfungsi sebagai area penyambutan, presentasi mode, dan pengalaman pengantar. Desain yang unik ini membedakan Centrestage dari acara lainnya, dengan penggunaan teknologi canggih dan pendekatan berkelanjutan dalam produksi.

Segala elemen dalam ruang pameran dipersiapkan dengan matang sebelumnya, termasuk dinding LED Naked eyes, layar LED melingkar gantung, dan kolom interaktif yang dilengkapi cermin dan layar LED. Penggunaan bahan-bahan yang dapat didaur ulang dan karpet biodegradable menegaskan komitmen terhadap keberlanjutan.

Di luar pintu masuk, pengunjung disambut dengan layar LED melengkar yang menciptakan ilusi gambar tiga dimensi. Di dalam, mereka akan menemukan ruang pengantar dengan layar LED melingkar yang menggantung, menciptakan area yang sempurna untuk berfoto. Selain itu, terdapat area permainan interaktif dan sudut layar LED besar yang menawarkan pengalaman audio-visual yang menarik.

Centrestage juga menampilkan Miniverse, area multifungsi dengan layar proyeksi besar dan TV gantung yang menayangkan parade mode mini dan presentasi acara. Pengalaman augmented reality (AR) yang bekerja sama dengan Microsoft memberikan pengunjung pengalaman baru dalam melihat dan membayangkan Metaverse.

Proyek ini memakan waktu tiga bulan dari briefing awal hingga penyelesaian di lokasi. Acara ini berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 9 September 2022 di Pusat Konferensi dan Pameran Hong Kong (HKCEC) di Wan Chai, Hong Kong.

Pameran Inklusi dan Keanekaragaman menampilkan merek dan desain mode dari seluruh dunia yang mewakili konsep, gaya, budaya, ras, kelompok usia, dan gender yang berbeda. Acara ini berusaha memecahkan stereotip dengan menghadirkan berbagai persepsi estetika kepada penonton, sekaligus mendorong diskusi tentang praktik desain inklusif yang akan membawa perubahan berarti di industri dan lebih luas lagi.

Centrestage 2022 berhasil memenangkan penghargaan Silver di A' Event and Happening Design Award tahun 2024, sebuah pengakuan atas keunggulan desain yang kreatif dan profesional yang menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Hong Kong Trade Development Council
Kredit Gambar: Hong Kong Trade Development Council
Anggota Tim Proyek: HKTDC Creative Department
Nama Proyek: Centrestage 2022
Klien Proyek: Hong Kong Trade Development Council


Centrestage 2022 IMG #2
Centrestage 2022 IMG #3
Centrestage 2022 IMG #4
Centrestage 2022 IMG #5
Centrestage 2022 IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang