Yichang: Inovasi Lanskap Tepi Sungai Yang Harmonis

Desain Jiangsu Architetural Landscape Design Menghidupkan Kembali Ruang Publik

Memadukan alam dengan kesenangan dan interaksi, Yichang Riverside Park di Hubei, karya Jiangsu Architetural Landscape Design, menawarkan wajah baru bagi ruang rekreasi perkotaan.

Terinspirasi oleh pemandangan Sungai Yangtze yang memukau, tim desain mengintegrasikan warna biru—simbol hidrologi—ke dalam palet warna lanskap. Hal ini menciptakan integrasi yang sempurna antara taman dengan lingkungan sekitarnya, menghasilkan estetika yang harmonis. Tak hanya itu, tema taman Lipotes vexillifer dan gantry crane yang dihiasi dengan patung Lipotes vexillifer yang dinamis, tidak hanya menambah keseruan tetapi juga mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam perlindungan ekologi.

Proyek peningkatan lanskap ini bertujuan untuk mengubah Yichang Riverside Park menjadi ruang rekreasi perkotaan yang menggabungkan alam dengan kesenangan dan interaksi. Tim desain menerapkan konsep hyperlink untuk memperluas sistem jalan tepi sungai dan koridor pandang dengan area duduk yang nyaman, di mana warga dapat menikmati pemandangan sungai. Selain itu, tim desain juga mengintegrasikan berbagai usaha ke dalam taman sambil menghidupkan kembali dermaga dengan metode penciptaan adegan dalam gaya industri yang trendi.

Material dasar yang digunakan meliputi batu granit, bambu merah, material aspal, beton dekoratif/translusen, jaring fiberglass, material anti-retak yang permeabel dan fleksibel, lapisan karet EPDM berwarna yang tahan guncangan dan anti-slip, serta material batu cuci yang tahan aus dan plastik. Bangunan pendukung menggunakan struktur bangunan panggung atau perlakuan atap earthing, perlakuan lampu sorot, dan panel aluminium anodisasi, serta kaca laminasi berongga melengkung.

Tim desain juga mempertahankan jejak dermaga di taman, mengintegrasikan gantry crane dengan memori situs ke dalam desain lanskap. Tema ramah anak menjadi salah satu fokus dari proyek rekonstruksi ini. Fasilitas pasir untuk orang tua dan anak, fasilitas air non-power, pompa khusus untuk olahraga ekstrem, semuanya diadopsi untuk mendukung tema ini.

Tim desain mengonfigurasi ulang vegetasi di sepanjang tepi sungai untuk meningkatkan pemandangan sungai yang tak terhalang bagi kesenangan publik, memungkinkan pembentukan berbagai ruang terbuka dan padang rumput yang dilengkapi dengan fasilitas rekreasi publik. Taman ini berfungsi sebagai ruang komunal untuk relaksasi dan penyegaran. Taman ini menampilkan area ekologis dan humanis, area dermaga, area bermain keluarga, dan ruang layanan lainnya, menawarkan berbagai pilihan budaya dan rekreasi untuk semua usia.

Proyek ini dimulai pada November 2021 di Yichang, Provinsi Hubei, dan selesai pada Juni 2023. Riverside Park merupakan ruang rekreasi publik perkotaan yang penting bagi komunitas setempat. Namun, karena jadwal pembangunannya, taman ini sangat membutuhkan renovasi. Saat ini, gaya arsitektur campuran, peninggalan industri, dan hambatan pandangan di taman, yang mengganggu kontinuitas koridor hijau di sepanjang sungai, memerlukan perhatian. Oleh karena itu, proyek ini berupaya menciptakan taman tepi sungai yang partisipatif melalui berbagai teknik desain untuk menyeimbangkan ekologi dan pembangunan perkotaan.

Tantangan terbesar adalah menyeimbangkan ekosistem, lalu lintas, fungsionalitas, dan inovasi budaya. Menghubungkan ekosistem Sungai Yangtze, gunung perkotaan, dan area hijau, desain bertujuan untuk mengintegrasikan seluruh sistem jalur dengan jalur komuter perkotaan, jalur hijau taman, jalur tepi sungai, dan jalur tepi air untuk memastikan aliran lalu lintas yang nyaman. Jejak dermaga dan gaya industri trendi berdampingan secara harmonis dengan ruang perkotaan, sehingga memancarkan pesona perpaduan budaya lama dan baru.

Proyek desain ini telah menyuntikkan vitalitas ke dalam transformasi dan pengembangan Riverside Park, sekaligus menjadi model untuk perencanaan perkotaan dan desain ruang publik. Selain itu, berbagai usaha yang melayani kebutuhan warga dan pengunjung potensial telah secara efektif meningkatkan daya tarik dan manfaat ekonomi taman, sekaligus berfungsi sebagai tempat perlindungan bagi penduduk kota untuk mengurangi stres. Tim desain telah berhati-hati untuk melestarikan warisan sejarah kota, mempertahankan karakteristik lokal, dan memberikan fungsi serta nilai baru pada peninggalan industri.

Desain ini telah dianugerahi Silver dalam A' Landscape Planning and Garden Design Award pada tahun 2024. Silver A' Design Award diberikan kepada desain-desain yang luar biasa, kreatif, dan menunjukkan keahlian serta inovasi profesional yang luar biasa. Desain-desain ini, yang dikagumi karena karakteristik teknis yang kuat dan keterampilan artistik yang indah, menunjukkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan memperkenalkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Jiangsu Architetural Landscape Design Institute Co., Ltd
Kredit Gambar: Jiangsu Architetural Landscape Design Institute Co., Ltd
Anggota Tim Proyek: Che Li Huanyu Fang Ming Wu Xinpeng Yu Yongjun Tang Fangye Cheng
Nama Proyek: Yichang
Klien Proyek: Jiangsu Architetural Landscape Design Institute Co.,Ltd


Yichang IMG #2
Yichang IMG #3
Yichang IMG #4
Yichang IMG #5
Yichang IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang