Desain Eksklusif Noie Hakone Sengokuhara

Hotel Villa dengan Sentuhan Tradisi dan Modernitas

Memadukan keindahan alam Hakone dengan kehangatan arsitektur Jepang, Noie Hakone Sengokuhara menawarkan pengalaman menginap yang unik dan pribadi.

Terletak di kawasan resort pemandian air panas terkemuka di Jepang, Noie Hakone Sengokuhara merupakan sebuah inovasi dalam dunia perhotelan. Berbeda dari penginapan tradisional dan hotel berjenis bangunan yang banyak ditemukan di Hakone, Noie Hakone Sengokuhara hadir sebagai hotel resort berbentuk villa sewaan yang menjanjikan privasi dan keamanan, bahkan di tengah pandemi Covid-19. Dengan dua bangunan kayu tradisional satu lantai yang terintegrasi dengan taman luas, hotel ini mengundang tamu untuk menikmati keempat musim di Jepang dengan cara yang berbeda.

Desain Noie Hakone Sengokuhara terinspirasi oleh alam yang melimpah dan cahaya yang menembus kanopi pohon. Konsep desain "Gift and Style" dipilih untuk merefleksikan pemberian alam Hakone. Dua tipe kamar tamu, Shiro Suite dan Oku Suite, dirancang untuk memaksimalkan pengalaman berinteraksi dengan alam, baik secara dinamis maupun kontinuitas visual ke taman.

Shiro Suite menampilkan sentuhan akhir plester putih dengan sudut-sudut yang membulat, menciptakan ruang yang diterangi cahaya dengan lembut. Lantai berornamen batu mosaik dan jendela besar yang menawarkan pemandangan taman layaknya lukisan. Sementara itu, Oku Suite memiliki taman mini yang elegan di tengah ruangan, lantai dengan ubin tradisional, dan penggunaan material khas arsitektur Jepang seperti mandi cypress, tatami, dan kertas washi yang menegaskan identitas Jepang.

Hotel ini dibangun di atas lahan seluas 1.600 meter persegi dengan dua rumah kayu satu lantai masing-masing seluas 140 meter persegi. Setiap bangunan memiliki taman sekitar 300 meter persegi. Lokasinya yang tenang dan dikelilingi alam, serta desain bangunan rendah menjaga keharmonisan dengan lanskap sekitar. Hanya berjarak lima menit berjalan kaki dari Sengokuhara Susuki Grass field, salah satu tempat wisata terkenal di Hakone.

Sebagai hotel tanpa resepsionis, Noie Hakone Sengokuhara menawarkan pengalaman menginap seperti di rumah liburan pribadi. Fasilitas meliputi kamar mandi dengan sumber air panas alami dan sauna, permainan TV, koleksi buku, dan proyektor layar lebar. Hotel ini juga dilengkapi dengan lebih banyak stopkontak dan papan tulis dibandingkan hotel pada umumnya, mendukung konsep workcation bersama kolega atau teman.

Proyek ini dimulai pada April 2019 di Hakone, Prefektur Kanagawa, dan selesai pada 11 Desember 2021, dengan operasional dimulai pada 28 Desember 2021. Lokasi proyek merupakan salah satu resort pemandian air panas terkemuka di Jepang dengan berbagai aset sejarah dan budaya seperti Kuil Hakone, pemandangan indah Danau Ashi dan Gunung Fuji.

Desain Noie Hakone Sengokuhara telah mendapatkan pengakuan dengan meraih penghargaan Iron dalam A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2024. Penghargaan ini diberikan kepada karya desain yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi kebutuhan profesional dan industri, serta memberikan kepuasan dan pengalaman positif yang berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: UDS Ltd.
Kredit Gambar: Main image: Photographer Satoshi Nagare,n.s.photographs Inc., 2021 Image #1 to 5: Photographer Satoshi Nagare,n.s.photographs Inc., 2021
Anggota Tim Proyek: Architect : UDS Ltd. , Keiichi Ito , Ayako Sasaki InteriorDesigner : UDS Ltd. , Keiichi Ito , Ayako Sasaki Operation : Asnova Design Ltd. , Yoshihiro Yano
Nama Proyek: Noie Hakone Sengokuhara
Klien Proyek: Asnova Design Ltd.


Noie Hakone Sengokuhara IMG #2
Noie Hakone Sengokuhara IMG #3
Noie Hakone Sengokuhara IMG #4
Noie Hakone Sengokuhara IMG #5
Noie Hakone Sengokuhara IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang