Desain Xi Lin Men: Membawa Kebahagiaan Melalui Botol

Inovasi dan Desain Unik dalam Kemasan Minuman Alkohol

Budaya "kebahagiaan" memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat China. Karya ini bernama "Xi Lin Men", yang berarti "Mendekati Kebahagiaan" dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, kami terinspirasi oleh elemen yang terkait dengan "kebahagiaan" dalam inovasi dan desain kami, seperti sepasang ikan yang melambangkan "kebahagiaan" dan "kekayaan", warna merah yang melambangkan "keberuntungan datang sekaligus", dan bambu yang melambangkan "terus naik dengan mantap". Kami ingin membawa harapan dan keberuntungan baik kepada orang-orang melalui karya ini.

Pesan tentang "kebahagiaan" disampaikan melalui produk ini. Botolnya transparan sehingga cairan yang jernih dapat terlihat dengan jelas. Ketika orang melihat botol dari sudut 45 derajat, mereka dapat melihat relief dua ikan Yin-Yang di bagian bawah botol yang saling berhadapan dari anggur. Titik merah di dahi ikan melambangkan "keberuntungan" bagi masyarakat China. Tutup botol terlihat seperti bambu, yang melambangkan "terus naik dengan mantap" untuk mengungkapkan harapan orang-orang untuk terus maju.

Kami ingin membuat karya ini berbeda dari produk lain di pasaran saat ini, sehingga kami menggunakan "kesederhanaan" sebagai gaya desain utama kami. Pada relief ikan, teknik frosted digunakan untuk membuat karya ini terlihat lebih tiga dimensi. Titik merah di dahi ikan dibuat dengan teknologi cetak transfer panas.

Botol ini memiliki spesifikasi lebar 150mm x kedalaman 150mm x tinggi 290mm. Desain ini cocok untuk minuman alkohol, terutama minuman tradisional China.

Karya ini dibuat oleh tim desain yang terdiri dari Xu Yao sebagai desainer dan Li Wei sebagai direktur seni. Mereka bekerja sama untuk menciptakan desain yang unik dan menarik ini.

Desain ini tidak hanya memiliki nilai estetika yang tinggi, tetapi juga memiliki interaksi yang menarik. Bentuk botol dengan leher yang sempit dan bagian bawah yang lebar memudahkan dalam menuangkan minuman alkohol China. Elemen-elemen pada karya ini cocok untuk acara-acara bahagia seperti pernikahan dan perayaan. Selain itu, gambar inti dari dua ikan yang bersama-sama melambangkan "Tai Chi" dan budaya "Yin Yang" China, mengungkapkan kualitas baik dalam mengejar kebahagiaan dan menghormati alam di China, serta membawa keberuntungan dan kekayaan bagi masyarakat China.

Proyek ini dimulai pada Agustus 2019 di Shenzhen, China, dan selesai pada Mei 2020 di Shenzhen, China. Selama proses desain, para desainer melakukan penelitian yang mendalam tentang budaya "kebahagiaan" di China. Mereka memilih ikan sebagai simbol karena ikan lebih umum dan lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat. Ikan juga dapat menyampaikan pesan yang jelas tentang keberuntungan, harapan, dan keinginan akan kebebasan.

Dalam menghadapi tantangan kreatif dan teknis, kami menemui kesulitan dalam membuat patung pada permukaan vertikal bagian bawah botol. Kami membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencari teknologi yang tepat untuk menyelesaikan karya ini. Oleh karena itu, sangat jarang melihat produk seperti ini di pasaran saat ini.

Desain Xi Lin Men telah memenangkan Penghargaan Perunggu dalam A' Packaging Design Award 2021. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif dan inovatif yang menggambarkan pengalaman dan kecerdikan yang luar biasa. Desain ini menggabungkan praktik terbaik dalam seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, serta menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat, serta berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Li Wei for Reform
Kredit Gambar: Li Wei for Reform
Anggota Tim Proyek: Designer: Xu Yao Art Director: Li Wei
Nama Proyek: Xi Lin Men
Klien Proyek: Li Wei for Reform


Xi Lin Men IMG #2
Xi Lin Men IMG #3
Xi Lin Men IMG #4
Xi Lin Men IMG #5
Xi Lin Men IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang