TipTip: Keran yang Mengajarkan Kebiasaan Hemat Air kepada Anak-anak

Keran yang Mengubah Kebiasaan Anak-anak dalam Menggunakan Air

Seiring dengan meningkatnya konsumsi air bersih di seluruh dunia, diperkirakan dua pertiga penduduk dunia akan menghadapi kekurangan air yang parah pada tahun 2025. Untuk mengatasi tantangan ini, kita perlu meminimalkan konsumsi air di semua tingkatan, termasuk di rumah tangga. Salah satu cara terbaik adalah mengembangkan perilaku penggunaan air yang sadar sejak dini, agar dapat membentuk kebiasaan seumur hidup.

TipTip adalah desain keran yang berbentuk seperti sepeda motor mainan yang mengajarkan anak-anak untuk hemat air dengan cara yang menyenangkan. Desain ini membuat anak-anak lebih sadar akan penggunaan air mereka dengan cara yang menyenangkan saat mencuci, membersihkan, dan menggosok gigi. Nama TipTip menggambarkan suara tetesan air yang menggambarkan pentingnya setiap tetes air dengan membandingkannya dengan bahan bakar di sepeda motor.

TipTip dilengkapi dengan layar tampilan yang menampilkan pesan instruktif "Drive Your Water Slow" sebelum keran dihidupkan dan pengukur aliran air yang mengidentifikasi jumlah air yang dikonsumsi.

Setelah keran dihidupkan, angka 100 beserta indikator persentase biru berbentuk lingkaran muncul di layar lampu depan, yang menunjukkan bahwa tangki bahan bakar penuh.

Jika pengguna mematikan keran antara 100-50, itu menunjukkan bahwa konsumsi air berada di bawah batas rata-rata. Ini menghasilkan umpan balik positif berupa wajah tersenyum dengan emoji jempol ke atas di layar, yang menandakan bahwa anak tersebut menggunakan kerannya dengan efisien.

Jika pengguna mematikan keran antara 50-10, itu menunjukkan bahwa konsumsi air berada di sekitar batas rata-rata. Ini menghasilkan wajah emoji netral yang menunjukkan adanya ruang untuk penggunaan bahan bakar (air) yang lebih efisien.

Jika pengguna mematikan keran pada angka 0, itu menunjukkan bahwa konsumsi air melebihi batas rata-rata dan tangki sepeda motor sudah habis bahan bakar. Ini akan menghasilkan wajah emoji sedih yang ditampilkan di layar, menunjukkan bahwa pengguna perlu menggunakan bahan bakar (air) dengan lebih efisien.

TipTip dirancang dengan dimensi keran: Lebar 60mm x Kedalaman 160mm x Tinggi 120mm.

Desain ini merupakan hasil kolaborasi antara Himanshu Soni dan Satyakam Sharma. Mereka berusaha memahami perspektif dan pola pikir anak-anak untuk menemukan cara yang menyenangkan dalam membentuk kebiasaan hemat air yang dapat berlangsung seumur hidup.

TipTip adalah desain yang memenangkan penghargaan A' Design Award di tahun 2021 dalam kategori A' Social Design Award. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Desain ini dihargai karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, memberikan kepuasan dan perasaan positif, serta berkontribusi pada dunia yang lebih baik.

Dengan TipTip, anak-anak dapat belajar untuk hemat air sejak dini dengan cara yang menyenangkan. Desain ini tidak hanya mengubah kebiasaan anak-anak dalam menggunakan air, tetapi juga memberikan kesadaran akan pentingnya penggunaan air yang bijak untuk menjaga keberlanjutan sumber daya alam kita.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Himanshu Shekhar Soni
Kredit Gambar: Himanshu Shekhar Soni
Anggota Tim Proyek: Designer: Satyakam Sharma Designer: Himanshu Shekhar Soni
Nama Proyek: TipTip
Klien Proyek: Himanshu Shekhar Soni


TipTip IMG #2
TipTip IMG #3
TipTip IMG #4
TipTip IMG #5
TipTip IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang