Bayfront Pavilion: Menafsir Ulang Hubungan Manusia dengan Alam

Thomas Schroepfer dan Tim AAL Menciptakan Ruang Publik yang Menyatu dengan Lingkungan

Paviliun Bayfront, sebuah struktur arsitektur yang menggabungkan desain komputasi dan optimasi lingkungan, menawarkan pengalaman berjalan di bawah rimbunan pohon tropis.

Terletak di Gardens by the Bay, Singapura, Paviliun Bayfront atau yang juga dikenal sebagai Paviliun The Future of Us, merupakan karya dari Thomas Schroepfer dan tim AAL. Struktur ini mengekspresikan dialog dengan alam melalui bentuk dan kulit perforasi yang rumit, yang berbaur dengan lingkungan sekitarnya. Bagi pengunjung, bangunan ini menawarkan lingkungan luar ruangan yang nyaman secara iklim dan pengalaman visual yang serupa dengan berjalan di bawah rimbunan pohon tropis yang rimbun.

Inspirasi untuk Paviliun ini adalah pengalaman yang nyaman secara lingkungan dan indah secara visual dari berjalan di bawah rimbunan pohon tropis yang lebat. Ide ini diterjemahkan menjadi desain dengan logika matematika yang jelas yang ditentukan oleh simulasi lingkungan yang luas dan optimasi struktural. Analisis dan aplikasinya pada model komputasi yang rinci menghasilkan solusi optimal untuk bentuk dan pola struktural Paviliun. Penggunaan material dioptimalkan, dan jejak karbon yang terkandung diminimalkan, menunjukkan jalan ke depan bagi industri bangunan untuk mengadopsi alat dan metode desain serupa.

Struktur utama Paviliun ini terbuat dari baja. Kulit dalam dan luar cangkang terdiri dari panel aluminium segitiga dengan ukuran dan perforasi yang bervariasi yang dibuat dengan mesin pemotong laser. Paviliun ini mencakup 11.000 panel aluminium perforasi unik, 12.040 baut, 11.188 pelat, dan 4.620 elemen untuk struktur utama. Cangkang ini memiliki ketebalan 20 sentimeter. Ini membentang sekitar 50 meter dan mencakup area sekitar 2000 meter persegi.

Sebagai bagian dari proses desain, tim Schroepfer melakukan penelitian mendalam dan analisis lingkungan. Analisis tersebut dan aplikasinya pada model komputasi yang rinci menghasilkan solusi optimal untuk bentuk dan pola struktural proyek. Pola tersebut dihasilkan dengan algoritma berbasis triangulasi, yang memungkinkan setiap panel diisi sesuai dengan kinerja lingkungan yang ditugaskan hingga level yang hampir padat. Penggunaan metode desain dan fabrikasi canggih sepanjang proyek memungkinkan prefabrikasi sebagian besar bagian dan konstruksi yang efisien, hemat biaya, dan akurat dari bentuk yang kompleks secara geometris.

Paviliun Bayfront telah meraih penghargaan Platinum di A' Architecture, Building and Structure Design Award pada tahun 2021. Penghargaan ini mengakui desain yang luar biasa, istimewa, dan sangat inovatif yang menunjukkan profesionalisme yang tak tertandingi, kejeniusan, dan berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat. Diberikan kepada estetika yang mendefinisikan era, mereka memajukan batas-batas seni, sains, desain, dan teknologi, menunjukkan keunggulan yang melampaui batas dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Sejak penyelesaiannya, proyek ini telah menjadi bangunan populer dan pintu masuk baru ke Gardens by the Bay yang berfungsi sebagai tempat untuk acara komunitas dan budaya penting. Dengan demikian, Paviliun Bayfront bukan hanya sebuah struktur arsitektur, tetapi juga simbol dari hubungan manusia dengan alam yang diterjemahkan melalui desain dan teknologi.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Thomas Schroepfer
Kredit Gambar: Image #1: Photographer Lim Weixiang, Bayfront Pavilion, 2020. Image #2: Photographer Lim Weixiang, Bayfront Pavilion, 2020. Image #3: Photographer Koh Sze Kiat, Bayfront Pavilion, 2020. Image #4: Photographer Koh Sze Kiat, Bayfront Pavilion, 2020. Image #5: Photographer Koh Sze Kiat, Bayfront Pavilion, 2020.
Anggota Tim Proyek: Thomas Schroepfer Alex Cornelius Aloysius Lian Thomas Wortmann Amanda Yeo Qian Yu Joel Yap Kar Ying Yehezkiel Wiliardy Manik Christyasto Priyonggo Pambudi
Nama Proyek: Bayfront Pavilion
Klien Proyek: Thomas Schroepfer


Bayfront Pavilion IMG #2
Bayfront Pavilion IMG #3
Bayfront Pavilion IMG #4
Bayfront Pavilion IMG #5
Bayfront Pavilion IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang