Hutong Neighborhood Complex: Menghidupkan Kembali Warisan Budaya Beijing

Merangkum Kehidupan Hutong dalam Satu Tempat

Sebuah proyek yang menggabungkan fungsi kafe, ruang seni, ruang tamu bersama komunitas, sudut baca, dan banyak lagi.

Beijing, China - Hutong, jaringan jalan sempit yang khas di Beijing, telah menjadi simbol budaya dan warisan kota ini. Namun, dengan perkembangan kota yang pesat, Hutong menghadapi tantangan untuk mempertahankan keunikan dan vitalitasnya. Dalam upaya untuk menghidupkan kembali Hutong dan memperkenalkan konsep "pembaruan mikro perkotaan", Easy Arch, sebuah tim desain yang terkenal, telah menciptakan Hutong Neighborhood Complex.

Kompleks ini, yang terletak di dekat kediaman terkenal Prince Gong, adalah transformasi dan aktivasi dari sebuah rumah tua di Hutong. Dengan mengintegrasikan fungsi kafe, ruang seni, ruang tamu bersama komunitas, sudut baca, dan lainnya, kompleks ini memberikan kehidupan baru pada kawasan tua ini dan memulihkan kehidupan Hutong.

Desain Hutong Neighborhood Complex sangat unik dan menonjol dari yang lain. Lantai pertama disebut sebagai "ruang tamu besar di Hutong" yang dianggap sebagai ruang tamu mereka sendiri oleh penduduk dan kelanjutan dari rumah mereka. Lantai kedua disebut sebagai "taman belakang di lorong" yang menggunakan kotak tanaman yang dapat dipindahkan untuk membagi ruang sesuai dengan kebutuhan fungsional. Seniman secara berkala diundang untuk menciptakan karya seni untuk jendela depan.

Keunikan lain dari Hutong Neighborhood Complex adalah penggunaan teknologi dan material yang cerdas. Dinding dan lantai proyek ini terbuat dari bahan ramah lingkungan yang murah. Kaca yang digunakan menggambarkan peta periode Qianlong di Beijing yang terbuat dari kertas asam sulfat besar untuk memisahkan ruang. Cahaya linear ultra halus mengalir ke dinding sepanjang permukaan atas, menarik perhatian pada posisi lanskap di dinding, seolah waktu berlalu. Dalam dinding abu-abu rumah tua, terjadi perbandingan antara teknologi dan tradisi.

Dengan lokasi yang dekat dengan area wisata, Hutong Neighborhood Complex berinteraksi dengan pengunjung Hutong. Pada akhir pekan, pengunjung Hutong memanfaatkan ruang ini untuk minum kopi, membaca buku, dan berbincang. Pada hari kerja, sebagian lantai kedua menjadi ruang kantor bersama. Selain itu, layanan istirahat gratis disediakan untuk lansia di komunitas. Ini juga menjadi ruang seni jalanan gratis dengan pameran seniman dari Italia, Rusia, dan Tiongkok.

Proyek Hutong Neighborhood Complex ini direalisasikan dari November 2019 hingga Februari 2020 di Beijing, China. Dalam proses perancangannya, tim desain Easy Arch menghadapi beberapa tantangan kreatif, teknis, dan penelitian. Salah satunya adalah kurangnya ruang publik di sekitar area proyek, yang membutuhkan berbagi ruang publik. Selain itu, dari segi operasional kafe, mereka harus mengendalikan biaya renovasi dan menemukan keseimbangan antara biaya dan efek desain. Tantangan lainnya adalah bagaimana melindungi struktur bangunan tua dan menyatukan karya seni avant-garde dengan atap struktur tua yang terbuka, yang memiliki cita rasa yang berbeda.

Hutong Neighborhood Complex telah mendapatkan pengakuan dan penghargaan yang luar biasa. Pada tahun 2021, desain ini memenangkan Silver A' Design Award dalam kategori Interior Space, Retail, dan Exhibition Design. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif, mengesankan, dan menggambarkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Dengan karakteristik teknis yang kuat dan keahlian artistik yang luar biasa, desain ini menampilkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan menghadirkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.

Hutong Neighborhood Complex adalah contoh yang luar biasa dari bagaimana merenovasi dan menghidupkan kembali bangunan tua dengan cara yang inovatif dan kreatif. Dengan menggabungkan fungsi yang beragam dalam satu tempat, kompleks ini telah menciptakan ruang publik yang berharga dan menghidupkan kembali warisan budaya Beijing.

Sumber Gambar: Gambar #1: Fotografer Liu Lei Gambar #2: Fotografer Liu Lei Gambar #3: Fotografer Liu Lei Gambar #4: Fotografer Liu Lei Gambar #5: Fotografer Liu Lei


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Easy Arch
Kredit Gambar: Image #1: Photographer Liu Lei Image #2: Photographer Liu Lei Image #3: Photographer Liu Lei Image #4: Photographer Liu Lei Image #5: Photographer Liu Lei
Anggota Tim Proyek: Chen Yuwei Ping Siwei Zheng Chenxi Li Jing
Nama Proyek: Hutong Neighborhood Complex
Klien Proyek: Easy Arch


Hutong Neighborhood Complex IMG #2
Hutong Neighborhood Complex IMG #3
Hutong Neighborhood Complex IMG #4
Hutong Neighborhood Complex IMG #5
Hutong Neighborhood Complex IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang