Dayou Aristo: Membangun Masa Depan dengan Elegansi Modern

Desain yang Menggambarkan Waktu dan Keindahan

Dalam upaya untuk menjadikan lahan ini sebagai bangunan landmark, Dayou Aristo harus memiliki pandangan ke depan yang kuat dan ekspresif secara arsitektural. Terinspirasi oleh kapal pesiar, proyek ini mengadopsi bentuk yang aerodinamis untuk menggambarkan gambaran zaman. Kaca berwarna dengan luas yang besar dikombinasikan dengan logam champagne digunakan, tidak hanya menghindari pandangan langsung orang, tetapi juga menciptakan konsepsi artistik yang murni dan elegan.

Dayou Aristo dikelilingi oleh fasilitas transportasi yang nyaman, dengan lokasi yang sangat menguntungkan. Bagian barat bangunan menghadap sungai, sehingga memudahkan untuk menikmati pemandangan alam yang menakjubkan. Secara keseluruhan, Dayou Aristo ditujukan untuk menciptakan tempat tinggal ideal bagi keluarga kelas menengah. Bagaimana cara menampilkan gambaran kehidupan masa depan dan citra pintu masuk kelas atas bagi pelanggan kelas menengah ke atas telah menjadi tuntutan utama dari Dayou Aristo Life Hall dalam tahap pembukaan awal.

Dalam menghadapi kendala lahan dan jarak antara sisi timur dan barat bangunan, Life Hall terbatas dalam hal ruang, sehingga sulit untuk membentuk citra fasad yang luas dan atmosferis. Dalam prinsip kanopi menjorok tidak dihitung dalam jarak bangunan, dibuatlah ruang abu-abu dengan lebar 6,2 meter dan tinggi 9,25 meter di luar sisi timur bangunan. Panel mengambang di lantai dua membentuk citra panel mengambang keseluruhan dengan dinding pembatas, sehingga memperpanjang panjang bangunan sepanjang jalan untuk menonjolkan efek fasad yang membentang secara horizontal. Garis pinggang logam antara lantai pertama dan kedua menggunakan desain detail yang sama dengan bagian atas, memotong tubuh utama bangunan menjadi dua tingkat untuk lebih menekankan orientasi horizontal.

Selama proses desain, kami menentukan modul dasar sebesar 1,8 meter berdasarkan hubungan proporsional bangunan, dan setiap bagian kaca, pintu, jendela, dan panel aluminium bangunan dikendalikan sesuai dengan ukuran ini untuk memastikan konsistensi logis internal bangunan. Dinding kaca menggunakan pengaturan interval bingkai terbuka dan bingkai tersembunyi untuk meningkatkan variasi detail fasad, dan detail profil logam bingkai terbuka juga menggunakan bentuk yang sama dengan dinding pembatas atas untuk mencapai konsistensi detail. Posisi pintu masuk ditarik ke dalam melalui antarmuka lantai pertama dan kedua untuk memperkuat panduan dan memperkaya perubahan fasad. Secara lokal, louvre dekoratif dengan skala besar diatur untuk memecah citra fasad yang monoton yang dihasilkan oleh dinding kaca besar, sehingga akhirnya membentuk citra fasad yang sederhana dan berubah-ubah.

Penggunaan kaca berwarna dalam dinding kaca memberikan efek yang samar, selain itu, sangat penting untuk menentukan ukuran tekstur dan warna kaca berwarna untuk efek presentasi. Melalui pengujian berulang oleh desain, titik glasir dengan diameter 4mm dan jarak pusat lingkaran 6mm akhirnya diadopsi.

Proyek ini dimulai pada September 2020 dan selesai pada April 2021 di Shandong, China. Selama proses desain, kami menghadapi beberapa tantangan kreatif dan teknis, seperti menciptakan ruang menjorok yang mengambang dengan dukungan kolom baja yang tepat dan memilih material lokal yang tepat untuk pintu masuk Life Hall. Namun, dengan kerjasama dan komunikasi yang intensif dengan para profesional teknik struktur, kami berhasil mengatasi tantangan-tantangan tersebut.

Dayou Aristo: Membangun Masa Depan dengan Elegansi Modern adalah sebuah karya arsitektur yang menggambarkan keindahan dan kemajuan zaman. Dengan bentuk yang aerodinamis dan penggunaan kaca berwarna yang elegan, proyek ini menciptakan citra yang modern dan dinamis. Dayou Aristo Life Hall menjadi simbol kehidupan masa depan yang mewah bagi keluarga kelas menengah ke atas. Dengan desain yang unik dan inovatif, proyek ini berhasil menciptakan bangunan landmark yang menjadi kebanggaan bagi kota ini.

Foto: Zhang Xuechen, Yuan Yang

Dayou Aristo: Membangun Masa Depan dengan Elegansi Modern telah meraih Penghargaan Perak dalam A' Design Award 2022. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif, profesional, dan luar biasa, yang menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain ini, yang dikagumi karena karakteristik teknis yang kuat dan keahlian artistik yang luar biasa, menampilkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan membangkitkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Quincy Li
Kredit Gambar: Photo Cradits: Zhang Xuechen, Yuan Yang
Anggota Tim Proyek: Lead Designer: Ren Xiangyi, Cheng Biao Design Team: Xia Dacang, Ru Siyu, Wu Haojie, Fu Gang, Li Xue, Hou Xianwu, Wu Dinglong, Sun Xin, Wang Yunzhu
Nama Proyek: Dayou Aristo
Klien Proyek: Quincy Li


Dayou Aristo IMG #2
Dayou Aristo IMG #3
Dayou Aristo IMG #4
Dayou Aristo IMG #5
Dayou Aristo IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang