Flying in Dreams: Fotografi Levitasi yang Menghadirkan Keajaiban

Mengungkap Keunikan dan Keindahan dalam Seri Fotografi Levitasi "Flying in Dreams" oleh Maxim Zinchuk

Orang selalu bermimpi. Mimpi membuat kita maju. Ke mana mereka akan membawa kita tergantung pada imajinasi dan upaya yang kita lakukan. Di masa kecil, mimpi-mimpi ini biasanya lebih murni dan cerah. Itulah mengapa fotografer menggunakan karakter anak-anak dalam pakaian putih dalam seri ini. Ide ini sempurna dilengkapi dengan kata-kata William Shakespeare: "segala sesuatu yang ada, ada dengan semangat yang lebih banyak dikejar daripada dinikmati".

Dalam seri "Flying in Dreams", fotografer menggunakan teknik fotografi levitasi untuk menciptakan efek surreal dan mewujudkan ide utama. Biasanya, proses kreatif melibatkan penggabungan dua atau lebih foto dari sebuah adegan yang diambil dari sudut yang sama: dengan dan tanpa subjek. Gambar tanpa subjek digunakan untuk menghilangkan semua elemen yang tidak perlu yang digunakan untuk mendukung subjek dalam pose tertentu. Penggabungan gambar adalah bagian integral dari metode ini.

Proses kreatif ini meliputi tahapan seperti pencarian lokasi, pembuatan pakaian, perencanaan pose dan properti, pencahayaan, pengambilan gambar, dan pengolahan pasca-produksi. Fotografer menggunakan peralatan seperti Canon EOS 5D Mark III, lensa Canon EF 24-70 mm F2.8, Canon Speedlite 600EX II, tripod, dan PC dengan Adobe Photoshop.

Perencanaan yang baik dan komunikasi yang tepat adalah kunci untuk alur kerja yang lancar selama pemotretan levitasi. Memiliki rencana untuk setiap sesi pemotretan sangat membantu dalam mengatasi situasi yang tidak terduga.

Seri ini dibuat pada tahun 2016-2017 di Ontario, Kanada, dan dipublikasikan di media sosial serta situs web pribadi fotografer. Penelitian dilakukan selama tahap persiapan, termasuk pencarian lanskap dan evaluasi kesiapan anak-anak untuk tampil dalam pengaturan tertentu. Tempat pemotretan harus mudah diakses dan aman bagi semua orang yang terlibat dalam proses tersebut.

Meskipun fotografi levitasi membutuhkan persiapan dan pengolahan pasca-produksi lebih banyak daripada fotografi dokumenter biasa, hasilnya sangat memuaskan. "Meskipun bekerja dengan anak-anak sangat menyenangkan, memposisikan mereka dan memberikan dukungan membutuhkan energi dan waktu," kata Maxim Zinchuk.

"Flying in Dreams" adalah karya yang memukau dan menghadirkan keajaiban. Dalam seri ini, Maxim Zinchuk menggunakan teknik fotografi levitasi untuk menciptakan efek yang surreal. Ide utama seri ini sempurna dilengkapi dengan kata-kata William Shakespeare: "segala sesuatu yang ada, ada dengan semangat yang lebih banyak dikejar daripada dinikmati".

Seri ini memenangkan Silver A' Design Award dalam kategori Fotografi dan Desain Manipulasi Foto pada tahun 2022. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif, luar biasa, dan menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Seri ini memperlihatkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan menghadirkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.

Hak cipta atas gambar-gambar dalam seri ini dimiliki oleh Maxim Zinchuk, 2016-2017.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Maksim Zinchuk
Kredit Gambar: Image #1-5 Photographer Maxim Zinchuk, Flying in Dreams, 2016-2017
Anggota Tim Proyek: Photographer: Maxim Zinchuk; photographer assist, clothing design: Nargiza Usmanova; models: Rada and Nazar.
Nama Proyek: Flying in Dreams
Klien Proyek: Maksim Zinchuk


Flying in Dreams IMG #2
Flying in Dreams IMG #3
Flying in Dreams IMG #4
Flying in Dreams IMG #5
Flying in Dreams IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang