A Monument Without Words: Pusat Budaya dan Pengunjung Cui Suba Yi

Menghidupkan Kembali Warisan Budaya Yi Melalui Desain Inovatif

Pendahuluan

Pusat Budaya dan Pengunjung Cui Suba Yi, yang terletak di dataran tinggi pegunungan Guizhou, Tiongkok, adalah sebuah monumen tanpa kata yang menghidupkan kembali warisan budaya suku Yi. Didesain oleh Haobo Wei dan Jingsong Xie dari Westline Studio, bangunan ini menggabungkan struktur ritual komunitas dengan sistem fungsional modern, menciptakan sebuah karya yang mencerminkan semangat tempat dan memperkuat ikatan dengan kehidupan dan memori kolektif masyarakat setempat.

Isi

Pusat Budaya dan Pengunjung Cui Suba Yi berdiri di atas dataran tinggi yang dikelilingi oleh padang rumput pegunungan, di ketinggian hampir 2.000 meter di atas permukaan laut. Tujuan dari pusat ini adalah untuk berkontribusi pada pariwisata lokal sambil mencoba meregenerasi dan mengembangkan budaya suku Yi, minoritas asli di daerah ini. Desainnya menggabungkan struktur ritual komunitas dengan persepsi dan pemahaman perayaan dalam sebuah karya sistematis yang berusaha menjalin hubungan dengan cara hidup dan memori kolektif masyarakat setempat.

Model spasialnya didasarkan pada integrasi struktur 'ritual' masyarakat suku Yi dengan sistem fungsional paralel kontemporer. Pengelompokan fragmentaris dari sistem ritual simbolik suku Yi dan kekasaran konstruksi beton rumah kayu suku Yi yang kuno digabungkan untuk menciptakan sebuah monumen anonim dari komunitas di dataran Genting, serta sebuah struktur tempat 'sejarah konsensus'. Struktur tempat ini membantu mengokohkan memori kolektif masyarakat, sementara struktur lanskap 'puncak sepi + padang rumput + pegunungan' mencapai kehendak yang megah dan besar dari tempat ini, sebuah prasasti sejarah yang mendalam dan berbagi waktu di bendungan dataran tinggi.

Kesimpulan

Pusat Budaya dan Pengunjung Cui Suba Yi adalah sebuah karya arsitektur yang menggabungkan kekayaan budaya suku Yi dengan fungsi pariwisata modern. Dengan menggabungkan ritual tradisional suku Yi dengan fungsi pariwisata, bangunan ini menciptakan sebuah monumen yang tidak berbicara, menghidupkan semangat tempat dan memperkuat ikatan dengan kehidupan dan memori kolektif masyarakat setempat. Dengan desainnya yang unik dan inovatif, pusat ini menjadi sebuah tempat yang menginspirasi dan memperkaya kehidupan masyarakat setempat.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Haobo Wei & Jingsong Xie
Kredit Gambar: Westline studio Haobo Wei,Jingson Xie
Anggota Tim Proyek: Westline studio Haobo Wei,Jingson Xie
Nama Proyek: A Monument Without Words
Klien Proyek: Haobo Wei & Jingsong Xie


A Monument Without Words IMG #2
A Monument Without Words IMG #3
A Monument Without Words IMG #4
A Monument Without Words IMG #5
A Monument Without Words IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang