Askianos: Rumah Musim Panas yang Terpadu dengan Keindahan Alam Kreta

Desain Natalia Kokosalaki

Askianos adalah sebuah rumah keluarga yang dirancang untuk digunakan sebagai rumah musim panas di selatan Kreta. Dibagi menjadi dua volume oleh sebuah tangga yang mengarahkan pandangan ke matahari terbenam musim panas di atas laut, rumah ini menyatu dengan sempurna dengan bukit-bukit Kreta. Bahan-bahan lokal seperti batu dan ocher digunakan secara luas dalam desain ini, dan pengrajin dan seniman lokal meninggalkan jejak mereka di dalam rumah. Mulai dari perabotan bawaan hingga kain dan tekstil, hingga batu bata dan ubin keramik buatan tangan, Askianos adalah perwujudan kehidupan Kreta yang murni.

Askianos memiliki keunikan tersendiri yang membedakannya dari desain lainnya. Rumah ini terbagi menjadi dua volume dengan tangga yang mengarahkan pandangan ke matahari terbenam musim panas di atas laut, sementara massa bangunan terintegrasi dengan lanskap. Elemen dan bahan-bahan tradisional arsitektur Kreta bergabung dengan desain minimalis yang bersih, menyatu dengan lanskap dan mengundang kehidupan dalam ruangan dan luar ruangan.

Penggunaan teknologi dalam merealisasikan desain ini didasarkan pada analisis lingkungan dan lokasi. Orientasi rumah ditentukan oleh analisis terhadap pemandangan utama dan posisi matahari. Batu lokal dan ocher digunakan dalam konstruksi, dan semua perabotan bawaan dibuat oleh pengrajin lokal. Sesuai dengan arsitektur tradisional Kreta, jendela, pintu, dan daun jendela terbuat dari kayu.

Rumah ini memiliki luas 306 meter persegi dan dibangun di atas lahan seluas 716 meter persegi. Dibangun pada tahun 2021 di Listaros, Kreta, Askianos merupakan hasil penelitian yang mendalam tentang lingkungan dan sejarah lokal. Desain ini menghormati bahasa arsitektur lokal, mengintegrasikannya sepenuhnya dengan lingkungan sekitar, dan mempromosikan seniman dan pengrajin lokal.

Askianos menawarkan pengalaman hidup yang unik dengan memadukan desain yang terintegrasi dengan lingkungan alam Kreta. Dengan panduan sirkulasi yang mengarahkan pandangan ke pemandangan utama dari lahan, rumah ini sepenuhnya terintegrasi dengan lingkungan alaminya di lereng bukit. Shower luar ruangan dibentuk dari batu-batu, dan kolam renang dibangun di dalam batu, menciptakan koneksi yang nyata dengan alam sekitar.

Askianos adalah bukti nyata dari dedikasi Natalia Kokosalaki dalam merancang rumah yang menghormati lingkungan dan budaya lokal. Dengan memadukan elemen-elemen tradisional Kreta dengan desain minimalis yang elegan, rumah ini menciptakan ruang hidup yang indah dan mengundang untuk menikmati kehidupan dalam ruangan dan luar ruangan.

Sumber Gambar: Fotografer: George Messaritakis

Penghargaan: Askianos meraih Silver A' Design Award dalam kategori A' Architecture, Building and Structure Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif, profesional, dan mengesankan, yang menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain ini memperlihatkan karakteristik teknis yang kuat dan keahlian artistik yang luar biasa, menciptakan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Natalia Kokosalaki
Kredit Gambar: Photographer: George Messaritakis
Anggota Tim Proyek: Architect: Natalia Kokosalaki
Nama Proyek: Askianos
Klien Proyek: Natalia Kokosalaki


Askianos IMG #2
Askianos IMG #3
Askianos IMG #4
Askianos IMG #5
Askianos IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang