Elan Vital: Gelas Meja Kaca yang Menghidupkan Kembali Kesenangan Bersama

Desain Unik oleh Keiji Ishikawa

Melalui kaca potong Kiriko Jepang, proyek ini telah memperkaya kehidupan manusia. Ide pola Elan Vital dimulai dari gambaran cangkir minuman yang cocok dengan keinginan untuk mendapatkan pertemuan yang menyenangkan dengan teman dekat dan keluarga dalam situasi di mana hubungan antar orang cenderung lemah karena pandemi Corona.

Elan Vital adalah desain unik yang menghadirkan kehidupan dan kegembiraan dalam bentuk gelas meja kaca. Dengan mengatur motif cangkir yang cocok dengan imajinasi pertemuan yang menyenangkan, desain ini penuh dengan dinamika yang membangkitkan pola titik-titik polkadot yang hidup, percikan air, atau gerombolan ikan yang berputar di dalam air.

Selain itu, ketika dilihat dari samping atau dari atas, pola berbentuk mata yang membentuk motif cangkir bagian dalam bersinar atau memantulkan cahaya dengan berbagai cara, memberikan orang perasaan dinamika kehidupan dan mengisi mereka dengan kesembuhan dan kebahagiaan.

Teknologi kaca potong Kiriko Jepang digunakan untuk mewujudkan desain ini. Gelas berlapis ganda diratakan dan diasah dengan hati-hati menggunakan teknologi kaca potong Kiriko yang dilakukan secara manual.

Spesifikasi produk ini adalah sebagai berikut: Dalam gambar utama, gelas anggur memiliki diameter 58mm dan tinggi 150mm, cangkir sake memiliki diameter 60mm dan tinggi 60mm, dan tampilan atas cangkir sake ditunjukkan dalam gambar opsional #1. Dalam gambar opsional #2, gelas sake memiliki diameter 60mm dan tinggi 70mm. Dalam gambar opsional #3, gelas batu memiliki diameter 77mm dan tinggi 92mm. Terakhir, dalam gambar opsional #4, piring memiliki diameter 150mm dan tinggi 33mm.

Desain Elan Vital menawarkan interaksi yang menarik. Pola berbentuk mata yang membentuk motif cangkir adalah potongan V sudut lebar, sehingga ketika dilihat dari samping, desain di dalam berubah dan bersinar, seperti yang ditunjukkan dalam gambar utama. Ketika dilihat dari atas, pola di dalam memantulkan cahaya dengan berbagai cara, seperti yang ditunjukkan dalam gambar opsional #1.

Selain itu, desain ini sangat halus ketika disentuh dan tahan terhadap benturan karena potongan pola mata yang dangkal.

Proyek Elan Vital dimulai pada Maret 2022 di Tokushima, Jepang, dan selesai pada Agustus 2022.

Untuk mewujudkan desain Elan Vital, diperlukan roda penggiling yang dapat memotong bentuk mata dan keterampilan untuk membuat banyak potongan horizontal dengan presisi di bagian bawah gelas yang sulit terlihat.

Tantangan dalam pembuatan desain ini adalah memesan roda penggiling berbentuk V sudut lebar secara khusus. Saya juga berlatih dan menguasai keterampilan membuat potongan horizontal yang presisi di bagian bawah gelas yang sulit terlihat.

Desain Elan Vital menghadirkan kehidupan dan kegembiraan dalam setiap momen. Dengan mengatur motif cangkir yang cocok dengan imajinasi pertemuan yang menyenangkan, desain ini penuh dengan dinamika yang membangkitkan pola titik-titik polkadot yang hidup, percikan air, atau gerombolan ikan yang berputar di dalam air. Ketika dilihat dari samping atau dari atas, pola mata di dalam cangkir bersinar atau memantulkan cahaya dengan berbagai cara, memberikan orang perasaan dinamika kehidupan dan mengisi mereka dengan kesembuhan dan kebahagiaan. Terdapat berbagai jenis gelas, seperti gelas anggur, cangkir sake, piring, dan gelas batu.

Desain ini telah memenangkan Penghargaan Perak dalam A' Design Award 2023 untuk kategori Bakeware, Tableware, Drinkware, dan Cookware Design. Penghargaan Perak diberikan kepada desain yang kreatif, menonjol, dan menggambarkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain ini, yang dikagumi karena karakteristik teknis yang kuat dan keahlian artistik yang luar biasa, menampilkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan memperkenalkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Keiji Ishikawa
Kredit Gambar: Video Credits: The video shows how the eye-shaped pattern on the glass changes and shines through transmission or reflection in various ways when the glass rotates.
Anggota Tim Proyek: Keiji Ishikawa
Nama Proyek: Elan Vital
Klien Proyek: Keiji Ishikawa


Elan Vital IMG #2
Elan Vital IMG #3
Elan Vital IMG #4
Elan Vital IMG #5
Elan Vital IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang