Merayakan Cinta Melalui Desain: "The Dark Side of the Moon" oleh Maria-Luisa Uth

Sebuah Surat Cinta yang Menggabungkan Seni, Cerita, dan Inovasi

Desain yang unik dan berkesan dapat mengubah cara kita berinteraksi dan berkomunikasi. "The Dark Side of the Moon" oleh Maria-Luisa Uth adalah contoh sempurna bagaimana desain dapat membangkitkan emosi dan menciptakan pengalaman yang mendalam.

Proyek ini bukanlah proyek komersial, melainkan sebuah perpaduan antara cinta terhadap desain cetak, penceritaan, ilustrasi, desain grafis, dan material. Tujuannya adalah untuk menceritakan kisah tanpa menggunakan bentuk buku tradisional. Surat ini dilipat seperti 'dompet saku' - teknik lipatan Jepang yang populer di Eropa pada abad ke-18 untuk menulis surat cinta.

"The Dark Side of the Moon" adalah surat cinta yang menceritakan kisah cinta tradisional China, tidak hanya dengan kata-kata, tetapi juga melalui cara paket dibuka, pilihan teknologi cetak, material yang digunakan, desain grafis dan ilustrasi. Penceritaan dimulai segera setelah paket dibuka: bulan purnama di bagian depan berkurang, sisi gelap bulan menjadi terlihat. Kisahnya terbuka bersamaan dengan pembukaan surat, membimbing pembaca dari bab ke bab.

Surat ini terbuat dari kertas DuPond yang tidak bisa robek dan tembus pandang - dua atribut yang seharusnya dimiliki oleh cinta. Karena kisah cinta ini tentang matahari dan bulan, surat ini juga memiliki sisi matahari dan bulan. Translucensi kertas membuat dua sisi surat mengalir bersama ketika diterangi sinar matahari. Jika Anda menahan surat saat membaca, Anda tidak bisa melihat sisi lainnya.

Sebagai studio desain Cina/Jerman, mereka tertarik untuk menemukan cara untuk melebur budaya yang berbeda dalam satu proyek. Tradisi menulis surat cinta tidak begitu populer di China, sepanjang sejarahnya. Jadi mereka datang dengan ide surat cinta Cina, menggunakan metode lipatan yang juga menyebar dari Timur ke Barat. Kisah Houyi dan Chang'e lebih dari 2000 tahun dan memiliki banyak versi, tetapi semuanya memiliki moral yang ketinggalan zaman. Jadi mereka menulis ulang cerita itu terlebih dahulu, sebelum memulai tata letak.

Proyek ini menghadapi tantangan dalam pemilihan kertas dan metode lipatan yang unik. Namun, melalui eksplorasi dan eksperimen, mereka berhasil menciptakan desain yang menarik dan berkesan. "The Dark Side of the Moon" adalah surat cinta yang menceritakan kisah cinta tradisional China. Proyek ini merayakan desain cetak lama dengan fokus pada jenis, ilustrasi, desain grafis, dan material.

Desain ini telah memenangkan penghargaan Bronze dalam A' Graphics, Illustration and Visual Communication Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang memperlihatkan pengalaman dan keterampilan. Diakui karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, mereka menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Maria-Luisa Uth
Kredit Gambar: Qianli Ma, Maria-Luisa Uth
Anggota Tim Proyek: Maria-Luisa Uth
Nama Proyek: The Dark Side of The Moon
Klien Proyek: Maria-Luisa Uth


The Dark Side of The Moon IMG #2
The Dark Side of The Moon IMG #3
The Dark Side of The Moon IMG #4
The Dark Side of The Moon IMG #5
The Dark Side of The Moon IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang