Merajut Keindahan Indonesia dalam Desain Interior Minimalis

Proyek Citra oleh Juan Farell Haryanto dan Ie Ie Han

Desain interior yang menggabungkan elemen tradisional Indonesia dengan estetika minimalis untuk menciptakan tampilan yang unik dan menarik.

Sebagai perusahaan Desain Interior dan Arsitektur Interior, Juan Farell Haryanto dan Ie Ie Han terinspirasi oleh keindahan dan budaya Indonesia. Mereka percaya bahwa menggabungkan elemen desain tradisional Indonesia ke dalam rumah mewah minimalis dapat meningkatkan kualitas interior suatu ruang. Desain Indonesia dikenal dengan tekstur yang kaya, bahan alami, dan detail yang rumit, yang semuanya dapat digabungkan ke dalam estetika minimalis untuk menciptakan tampilan yang unik dan mencolok.

Mengutamakan kesederhanaan, fungsionalitas, dan penggunaan bahan lokal, konsep desain untuk proyek ini akan didasarkan pada prinsip "less is more". Tujuannya adalah menciptakan suasana yang tenang dan menenangkan dengan menggabungkan elemen alam Indonesia yang menginspirasi dengan minimalisme modern. Palet warna untuk interior rumah gaya Indonesia minimalis unik ini akan dibatasi pada nada seperti nuansa coklat, abu-abu, dan hitam.

Desain ini diwujudkan dengan menggunakan finishing laminasi bertekanan tinggi. Dibuat dengan bangga menggunakan kayu dan bahan terbaik dari Indonesia. Ini adalah perabotan built-in khusus yang dikombinasikan dengan perabotan loose buatan sendiri.

Proyek ini dimulai pada Mei 2022 dan selesai pada Desember 2022, dan dipamerkan dalam penghargaan lokal di Jakarta, Indonesia. Desain ini dianugerahi Iron dalam A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2023. Iron A' Design Award: Diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Diakui karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, mereka memberikan kepuasan dan perasaan positif, berkontribusi pada dunia yang lebih baik.

Penelitian telah menunjukkan bahwa gaya interior minimalis dapat berdampak positif pada kesehatan mental dan kesejahteraan. Dengan mengurangi kekacauan dan menyederhanakan lingkungan visual, desain minimalis dapat menciptakan suasana yang menenangkan dan bebas stres. Rumah gaya minimalis membantu penghuninya dalam menciptakan ruang hidup yang lebih praktis dan aman, meminimalkan kemungkinan cedera fisik. Selain itu, desain seperti ini memfasilitasi pembersihan dan pemeliharaan rumah dengan mudah.

Dalam hal palet warna, telah ditunjukkan bahwa warna netral seperti nuansa coklat, abu-abu, dan hitam dapat menciptakan rasa kesederhanaan, elegan, dan keabadian. Sementara itu, menggabungkan bahan lokal ke dalam desain dapat memiliki beberapa manfaat, seperti mendukung komunitas lokal dan mengurangi dampak lingkungan dari pencarian bahan dari lokasi yang jauh. Dibuat dengan bangga menggunakan bahan lokal mulai dari plywood, marmer, dll. Selain itu, penggunaan bahan lokal dapat membantu menciptakan rasa tempat dan koneksi dengan lingkungan sekitar.

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa desain fungsional adalah kunci untuk rumah minimalis. Dengan memprioritaskan fungsionalitas dan kegunaan, desain dapat menciptakan rasa kemudahan dan kesederhanaan dalam kehidupan sehari-hari. Ini dapat dicapai melalui perencanaan ruang yang bijaksana, solusi penyimpanan yang efisien, dan penggunaan perabotan built-in dan loose.

Desain ini menghadapi tantangan dalam memaksimalkan ruang agar sepenuhnya fungsional dan menyenangkan di mata. Tim berusaha untuk menghasilkan estetika dan fungsi terbaik untuk klien mereka. Rumah mewah minimalis ini ditandai oleh desain yang sederhana dan bersih yang menekankan pada bahan berkualitas tinggi dan perhatian terhadap detail. Kunci untuk mencapai estetika ini adalah menjaga hal-hal tetap sederhana dan tidak berantakan, dengan fokus pada kualitas daripada kuantitas. Dalam rumah mewah minimalis khusus ini, Anda dapat berharap melihat seleksi perabotan dan dekorasi yang dipilih dengan hati-hati yang fungsional dan indah. Ini terinspirasi oleh keindahan alam Indonesia, memberikan tampilan alami namun mewah ke semua perabotan secara keseluruhan.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Juan Farell Haryanto
Kredit Gambar: Juan Farell Haryanto
Anggota Tim Proyek: Ie Ie Han Ira Harjanto Natalie Hendy Haryanto Rachel Immanuel
Nama Proyek: Citra
Klien Proyek: Juan Farell Haryanto


Citra IMG #2
Citra IMG #3
Citra IMG #4
Citra IMG #5
Citra IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang