Jinaga: Inovasi Pintu Gerbang Tiket Subway yang Canggih

Membuat Akses Subway Lebih Mudah dan Nyaman

Saat ini, masuk atau keluar dari gerbang tiket subway dengan menempelkan kartu terasa sangat merepotkan dan berbahaya bagi penyandang disabilitas dan lansia. Oleh karena itu, kami berpikir untuk meningkatkannya agar Anda dapat melewati turnstile dengan mudah dengan membawa perangkat pribadi tanpa operasi yang merepotkan untuk menempelkan kartu. Saat ini, layanan ini hanya tersedia bagi penyandang disabilitas dalam tahap awal, tetapi kami berencana untuk memperluasnya agar masyarakat umum dapat menggunakannya dengan nyaman di masa depan.

Jinaga adalah sistem pintu gerbang tiket subway yang memungkinkan orang dengan disabilitas melewati gerbang tiket tanpa perlu menempelkan kartu. Dengan hanya membawa gantungan kunci kecil, pintu yang terblokir akan terbuka secara otomatis saat melewati gerbang tiket. Sistem ini mengenali perangkat tersebut tanpa gangguan dengan cara yang sama seperti kunci pintar mobil. Saat ini, sistem ini sedang diimplementasikan di subway di kota Daejeon, Korea Selatan. Anda dapat dengan mudah meng-upgrade gerbang tiket biasa menjadi gerbang tiket pintar dengan modul sistem yang dapat dipasang.

Gantungan kunci mengandung PCB dengan sinyal LF/RF yang terpasang, dan modul sistem mengandung sinyal LF/RF, mini PC untuk pemrosesan data, dan PCB dengan antena yang terpasang. Produksi produk ini dilakukan dengan injeksi plastik melalui cetakan dan dilengkapi dengan cat semprot. Gantungan kunci dikirim dalam bentuk kalung dengan tali kalung yang ditambahkan.

Spesifikasi Desain: - Gantungan Kunci: 37*62.6*12mm - Modul Sistem Bagian Depan: 173*167.2*41.3mm - Modul Sistem Bagian Belakang: 173*16732*42.5mm

Sistem ini berinteraksi dengan cara yang sederhana. Ketika seseorang yang memiliki gantungan kunci melewati gerbang tiket, modul sistem mengenali sinyal gantungan kunci dan mengirimkan informasi ke kantor stasiun melalui mini PC untuk pemrosesan data di dalam modul sistem. Gerbang tiket akan terbuka secara otomatis, memungkinkan masuk dan keluar dengan cepat dan nyaman tanpa perlu menggesek kartu.

Proyek ini dimulai oleh Daejeon Subway Corporation pada Agustus 2022, Garin System bekerja sama dengan IDW untuk merancang dan menginstalnya di Stasiun Daejeon pada Desember 2022 agar dapat didistribusikan dan digunakan oleh penyandang disabilitas.

Desain ini didasarkan pada penelitian yang mendalam. Kami mengembangkan sistem pintu gerbang tiket pintar untuk mengatasi ketidaknyamanan orang dengan disabilitas transportasi yang harus membawa kartu dan melewati gerbang saat menggunakan subway. Sistem pintu gerbang subway ini dibangun dengan menggunakan teknologi interaksi antara kunci pintar dan mobil, dan produk ini diselesaikan dengan meminta teknologi dan desain. Teknologi ini dikembangkan oleh Garin System dan desainnya dibuat oleh IDW, dan diterapkan pada beberapa subway di Korea mulai Desember 2022.

Tantangan yang dihadapi dalam desain ini adalah sering terjadinya kesalahan pengenalan saat menggunakan Bluetooth, Wi-Fi, dan sebagainya pada bagian yang harus mengenali orang. Kami berpikir untuk menerapkannya pada sistem high-pass. Oleh karena itu, kami menggabungkan teknologi dan desain dengan produsen kunci pintar untuk menciptakan sistem high-pass subway.

Jinaga adalah solusi yang memungkinkan orang dengan disabilitas, seperti penyandang disabilitas dan lansia, untuk melewati gerbang tiket subway tanpa perlu menempelkan kartu. Hanya dengan membawa perangkat kecil ini, pintu akan terbuka secara otomatis saat Anda melewati gerbang tiket, dan Anda dapat melewati dengan lancar. Sistem ini mengenali perangkat tanpa gangguan seperti metode kunci pintar mobil. Saat ini, sistem ini sedang diimplementasikan di beberapa subway di Korea. Dengan modul sistem yang dapat dipasang, Anda dapat dengan mudah meng-upgrade gerbang tiket biasa menjadi gerbang tiket pintar, dan semua informasi seperti perhitungan tarif akan dikirimkan ke ruang kontrol.

Desain ini telah memenangkan Silver A' Design Award di kategori A' Social Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif, luar biasa, dan mengesankan secara profesional yang menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain-desain ini, yang diakui karena karakteristik teknis yang kuat dan keterampilan artistik yang luar biasa, menampilkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan menghadirkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.

Sumber Gambar: Copyright @ Garin Co. Ltd. (Klien) Didesain oleh Infinite Design Works. (Agen Desain)

Pemberitahuan Kekayaan Intelektual: 30-2022-0043900 / Perangkat Nirkabel Smart Pass untuk Subway / Garin System 30-2022-0043899 / Modul smart pass untuk subway / Garin System


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Junsoo Choi
Kredit Gambar: Copyright @ Garin Co. Ltd. (Client) Designed by Infinite Design Works. (Design Agency)
Anggota Tim Proyek: Junsoo Choi, Sungmin Kim, Ara Shin
Nama Proyek: Jinaga
Klien Proyek: Junsoo Choi


Jinaga IMG #2
Jinaga IMG #3
Jinaga IMG #4
Jinaga IMG #5
Jinaga IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang