Odaya Home: Membawa Warisan Budaya ke Desain Kemasan

Desain Kemasan yang Menggabungkan Tradisi dan Modernitas oleh Elena Gamalova

Desain kemasan Odaya Home oleh Elena Gamalova adalah perpaduan sempurna antara tradisi dan modernitas. Mengambil inspirasi dari keindahan dan simbolisme burung merak, kemasan ini mencerminkan nilai-nilai inti dari merek dan koleksi tekstil pertama mereka, Care and Love.

Proyek ini dimulai pada Juni 2022 dan selesai pada Maret 2023 di Sofia, Bulgaria. Gamalova menciptakan desain kemasan yang mencerminkan tradisi seni tekstil yang berabad-abad lamanya dan simbolisme dari ornamen tekstil. Tujuannya adalah untuk menciptakan kemasan yang mengekspresikan tradisi kerajinan tangan yang halus dan simbolisme yang kuat dari ornamen tekstil, yang telah digunakan oleh generasi wanita di setiap rumah, kota, dan negara.

Desain ini berbeda dari yang lain karena fokusnya pada detail yang sempurna dan kerajinan tangan. Seperti produk tekstil buatan tangan yang terkandung di dalamnya, kemasan ini perlu menyampaikan rasa keunikan dan keabadian. Kemasan ini dibuat dari kotak kertas dengan logo timbul emas di bagian atas, kertas tisu dengan pola cetak, stiker transparan dengan monogram timbul emas dari merek, dan pita dengan logo cetak emas.

Untuk mencapai tujuan ini, Gamalova melakukan penelitian mendalam tentang ornamen warisan Eropa dan teknik kerajinan dalam seni tekstil. Penelitian ini mencakup tinjauan arsip cetak di perpustakaan, museum, tinjauan jurnal, dan rumah-rumah seniman. Menciptakan kembali simbol-simbol warisan, menghidupkan kembali teknik-teknik yang berusia berabad-abad, dan memberdayakan pengrajin lokal adalah faktor-faktor utama yang dipertimbangkan selama fase penelitian dan desain.

Salah satu tantangan terbesar dalam proyek ini adalah menciptakan kemasan yang membangkitkan warisan budaya dan tradisional dan pada saat yang sama kehidupan modern dan interior yang tak terlupakan, sehingga produk dapat menonjol dan menarik perhatian audiens target untuk membawanya pulang. Dengan menggunakan burung merak, Odaya Home berhasil menyampaikan citra merek yang mengesankan sebagai salah satu perusahaan linen tempat tidur buatan tangan terkemuka.

Desain kemasan Odaya Home perlu mencerminkan kerajinan renda yang dijahit tangan dan nilai simbolis dari ornamen. Figur burung merak, elemen inti dalam Koleksi Care and Love pertama Odaya Home, adalah penjaga tradisional rumah. Desain kemasan mengembangkan gambar burung merak menjadi jaringan bulu emas yang halus, mengingatkan pada pembuatan renda itu sendiri. Cerita merek diceritakan di bagian dalam tutup kotak hadiah, sementara kertas tisu halus dengan slogan merek "Anda berhak dan ini adalah rumah, Odaya Home" memberikan pembungkus yang lembut untuk kain sateen katun halus di dalamnya.

Desain ini telah memenangkan Penghargaan Desain A' Iron pada tahun 2023, sebuah penghargaan yang diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Mereka dihargai karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, mereka memberikan kepuasan dan perasaan positif, berkontribusi pada dunia yang lebih baik.

Desain ini adalah bukti bahwa tradisi dan modernitas dapat berjalan beriringan dalam desain. Dengan menggabungkan elemen-elemen ini, Elena Gamalova telah menciptakan desain kemasan yang unik dan menarik yang mencerminkan nilai-nilai inti dari Odaya Home dan menunjukkan keindahan dan keunikan dari produk tekstil buatan tangan mereka.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Elena Gamalova
Kredit Gambar: Illustration and design: Elena Gamalova, 2023 Video Credits: ODAYA Home
Anggota Tim Proyek: Elena Gamalova
Nama Proyek: Odaya Home
Klien Proyek: Elena Gamalova


Odaya Home IMG #2
Odaya Home IMG #3
Odaya Home IMG #4
Odaya Home IMG #5
Odaya Home IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang