Andras I: Jam Tangan yang Memadukan Seni Origami dan Teknologi Modern

Karya Terbaru Makina Watches, Andras I, Menyita Perhatian Dunia

Di tengah persaingan desain jam tangan yang ketat, Makina Watches berhasil menciptakan sebuah karya yang tidak hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu, tetapi juga sebagai karya seni yang memukau.

Andras I, sebuah jam tangan yang terinspirasi dari seni lipat kertas Jepang, origami, telah mengubah pandangan dunia terhadap kategori jam tangan persegi panjang. Dengan garis-garis tajam dan bentuk geometris yang menciptakan permukaan multifaset, Andras I menawarkan estetika modern yang fotogenik dari setiap sudut pandang. Kekuatan desain ini terletak pada material berkualitas tinggi dan penyelesaian yang solid, sementara keeleganannya terlahir dari prinsip origami. Pengakuan internasional yang diraih oleh Andras I, termasuk dari media ternama seperti Designboom dan Time and Tide Watches, membuktikan keberhasilan desain ini dalam industri jam tangan.

Uniknya, Andras I dirancang untuk menjadi "domba hitam" di antara jam tangan persegi panjang yang umumnya terinspirasi oleh gaya art deco. Sebagai jam tangan olahraga pertama dari Makina Watches, Andras I tampil lebih berani dan mencolok dengan kasus berlapis baja tahan karat 316L yang dilapisi hitam. Dial jam tangan ini bersifat tiga dimensi dengan finishing sand blasted, dan tali jam yang kuat serta berotot menambah kesan gagah dari setiap sudut.

Teknologi realisasi Andras I melibatkan penggunaan mesin CNC untuk membentuk kasus dari baja tahan karat 316L dengan kualitas bedah, yang kemudian dipoles dan disikat dengan tangan untuk menciptakan tampilan yang lebih kokoh dan mewah. Dial yang berlapis dan terbuat dari kuningan dengan finishing sand blasted dirakit dengan tangan. Kaca kristal safir yang tahan gores dilapisi dengan coating anti-reflektif tiga kali. Dengan harga yang terjangkau sebesar USD 725, Andras I menggabungkan desain yang dipikirkan matang dan komponen premium.

Spesifikasi teknis Andras I mencakup bentuk oktagonal yang dirancang khusus untuk mengelilingi gerakan sirkular yang lebih besar, mengurangi volume keseluruhan dan menjaga ukuran kasus agar tetap nyaman dipakai dengan dimensi 33mm lebar, 44mm lug to lug, dan hanya 10.5mm tebal. Tali jam terbuat dari karet silikon dengan kantong udara di bagian belakang yang memberikan kenyamanan ekstra saat dipakai dalam aktivitas olahraga intens atau kondisi yang lebih hangat, dengan ukuran 22mm (lug) yang menyempit menjadi 20mm (gesper). Gerakan jam menggunakan Sellita SW260 dengan cadangan daya 38 jam.

Interaksi desain Andras I dirancang untuk kesederhanaan dalam fungsionalitas, hanya menampilkan jam, menit, dan detik, karena tujuannya adalah memberikan sesuatu yang berbeda untuk segmen jam tangan tiga jarum persegi panjang. Penanda menit dan detik yang tajam dan dicat putih serta jarum yang dicat biru semuanya merupakan keputusan yang berkontribusi pada keterbacaan tinggi dalam berbagai kondisi pencahayaan. Mahkota jam tangan ini konsisten dengan model lain dari Makina Watches dan menjadi ciri khas merek; sederhana namun mudah digunakan dan memiliki grip yang baik.

Proses penciptaan Andras I memakan waktu satu tahun, dimulai dari konseptualisasi pada September 2022. Prototipe yang memuaskan telah dipasarkan untuk pemesanan awal pada Mei 2023, dan model produksi diluncurkan pada September 2023. Riset yang mendalam untuk desain kasus Andras I bertujuan untuk membawa sesuatu yang baru ke industri jam tangan. Hasilnya, desain kasus yang terinspirasi origami menjadi pilihan yang jelas setelah beberapa eksplorasi desain. Makina Watches mengeksplorasi bentuk tradisional dan abstrak dari origami serta arsitektur yang terinspirasi origami untuk melihat bagaimana elemen-elemen ini dapat diinkorporasikan ke dalam Andras I dengan cara yang minimalis, modern, dan tidak akan mengasingkan para puris jam tangan yang sering kali konvensional dan sulit untuk dipuaskan.

Salah satu tantangan kreatif dan teknis yang diatasi dalam desain Andras I adalah permintaan pelanggan akan variasi ukuran dan model dengan dimensi yang lebih kecil. Desain Andras I mempertimbangkan hal ini dengan memberikan kasus bentuk oktagonal yang dapat mengelilingi gerakan 25.6mm yang cukup besar, sehingga menghasilkan volume yang lebih kecil, area permukaan yang lebih sedikit, dan ketebalan hanya 10.5mm untuk kenyamanan pemakaian yang lebih tinggi.

Andras I telah dianugerahi Silver dalam A' Watch Design Award pada tahun 2024, sebuah penghargaan yang diberikan kepada desain-desain yang menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa, serta menampilkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan membangkitkan perasaan positif, kekaguman, dan keheranan.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Danilo Villanueva & Makina & Co
Kredit Gambar: Image #1: Photographer, Danilo Villanueva, Andras_I, 2023. Image #2: Photographer, Danilo Villanueva, Andras_I, 2023. Image #3: Photographer, Danilo Villanueva, Andras_I, 2023. Image #4: Photographer, Danilo Villanueva, Andras_I, 2023. Image #5: Photographer, Danilo Villanueva, Andras_I, 2023.
Anggota Tim Proyek: Creative Director: Danilo Villanueva
Nama Proyek: Makina Andras I
Klien Proyek: Makina Watches


Makina Andras I IMG #2
Makina Andras I IMG #3
Makina Andras I IMG #4
Makina Andras I IMG #5
Makina Andras I IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang