Stripes: Inovasi dalam Desain Kemasan Ramah Lingkungan

Mengurangi Dampak Lingkungan dengan Kemasan yang Ramah Lingkungan

Industri kemasan sering kali menggunakan bahan-bahan yang sulit didaur ulang, seperti busa EVA dan magnet bumi jarang. Namun, desainer Ridzert Ingenegeren telah menciptakan seri kemasan yang inovatif yang mengurangi dampak lingkungan. Dalam seri "Stripes," ia menggunakan baki kertas bagas untuk melindungi dan menyajikan isi kemasan, menggantikan busa EVA. Selain itu, ia menghilangkan penggunaan magnet dan menggantinya dengan kotak laci yang ditutupi dengan lengan kertas. Semua bagian kemasan ini dapat didaur ulang dengan mudah. Dengan desain yang unik ini, Ridzert Ingenegeren membuktikan bahwa kemasan yang ramah lingkungan juga dapat memiliki tampilan yang mewah.

Kemasan dalam seri "Stripes" ini memiliki keunikan yang membedakannya dari kemasan lainnya. Baki kertas bagas digunakan sebagai pengganti busa EVA untuk melindungi isi kemasan. Bagas merupakan produk sampingan dari industri tebu dan baki kertas ini dapat didaur ulang seperti kertas biasa. Selain itu, tidak ada magnet yang digunakan dalam kemasan ini. Sebagai gantinya, kotak laci diciptakan dengan penutup kertas. Bagian karton dari kotak, lengan kertas, dan brosur dibuat dari karton daur ulang. Seluruh kemasan dalam seri ini dapat dibuang ke dalam kotak daur ulang kertas.

Proses pembuatan kemasan "Stripes" ini melibatkan penggunaan pulp bagas yang dikeringkan dan dipadatkan menjadi bentuk akhir baki kertas. Kotak laci utama dibuat dari karton daur ulang yang dilapisi dengan kertas dekoratif. Lengan kertas dan brosur dibuat dari kertas daur ulang. Menjaga kemasan ini bebas dari plastik adalah salah satu tujuan utama dalam menciptakan kemasan yang benar-benar ramah lingkungan.

Kemasan dalam seri "Stripes" ini juga dirancang untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan saat dibuka. Setiap kotak memiliki pola garis yang dicetak di atasnya, yang diulang pada lengan kertas yang menutupi kotak. Bagian karton dari kotak, lengan kertas, dan brosur dibuat dari karton daur ulang. Baki kertas bagas digunakan untuk melindungi dan menyajikan isi kemasan. Seluruh kemasan dalam seri ini dapat dibuang ke dalam kotak daur ulang kertas.

Proses desain "Stripes" dimulai pada akhir Oktober 2018 di Berlin. Versi pertama produk diluncurkan pada April 2019 di pasar Jerman, dengan Italia, Spanyol, dan Prancis menyusul dalam beberapa bulan berikutnya. Desain ini didasarkan pada penelitian pasar dan pengguna saat ini. Desainer menemukan bahwa pisau lipat mereka sering dibeli sebagai hadiah, sehingga penting untuk menawarkan kemasan yang relatif mewah yang cocok untuk diberikan sebagai hadiah. Desainer juga menyadari pentingnya mencerminkan nilai-nilai inti merek mereka dalam setiap aspek produk dan kemasan, terutama dalam hal keberlanjutan lingkungan.

Desain "Stripes" tidak datang tanpa tantangan. Menemukan solusi yang dapat sepenuhnya didaur ulang dalam kotak daur ulang kertas adalah tantangan tersendiri. Terutama, menemukan solusi yang ekonomis dan presentabel yang sesuai dengan merek saat ini dan dapat didaur ulang dengan kertas secara bersamaan.

Desain kemasan "Stripes" telah mendapatkan pengakuan dan penghargaan yang layak. Pada tahun 2021, desain ini memenangkan Iron A' Design Award dalam kategori Produk Berkelanjutan, Proyek, dan Desain Hijau. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Desain ini dihargai karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, memberikan kepuasan dan perasaan positif, serta berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Ridzert Ingenegeren
Kredit Gambar: Image #1: Mission Green Ltd., K29 Packaging #1, 2021. Image #2: Mission Green Ltd., 3 Packagings #2, 2021. Image #3: ExpertenTesten.de/ever-growing GmbH, K29 Titanium packaging, 2020. Image #4: Mission Green Ltd., K29 Packaging Front, 2021. Image #5: Ridzert Ingenegeren, packaging series overview, 2020.
Anggota Tim Proyek: Designer: Ridzert Ingenegeren Client: Michael Gläser, Bergkvist
Nama Proyek: Stripes
Klien Proyek: Ridzert Ingenegeren


Stripes IMG #2
Stripes IMG #3
Stripes IMG #4
Stripes IMG #5
Stripes IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang