MOSS: Inovasi Penyelamatan Hutan dengan Cap Lumut

Ms Team Menghadirkan Solusi Restorasi Hutan yang Terbakar dengan Teknologi Cap Lumut

Proyek MOSS oleh Ms Team merupakan inovasi yang menawarkan cara baru untuk memulihkan hutan yang telah rusak akibat kebakaran. Dengan menggunakan cap yang dapat menanam lumut, setiap individu dapat berkontribusi dalam upaya konservasi lingkungan.

Terinspirasi oleh dampak luas yang disebabkan oleh kebakaran hutan, Ms Team melakukan penelitian tentang cara memulihkan alam yang hancur dengan cepat. Lumut dipilih sebagai bahan kunci karena kemampuannya dalam mencegah desertifikasi dengan menangkap kabut dan embun serta mempertahankan kelembaban di tanah. Lumut juga berfungsi sebagai medium untuk pertumbuhan akar pohon, mempercepat pemulihan hutan yang hancur oleh kebakaran hutan.

Proyek MOSS menawarkan produk restorasi yang terdiri dari cap yang dapat menanam lumut dan ruang inkubasi yang dapat membudidayakan lumut. Dengan hanya mengecap lumut, partisipan dalam proyek ini, seperti relawan dan pendaki, dapat berkontribusi dalam menciptakan dunia yang berkelanjutan. Cap ini dirancang dengan outlet spiral, bukan lingkaran, mencerminkan sifat lumut untuk memperluas wilayahnya. Sementara itu, ruang inkubasi dilengkapi dengan sistem yang menyuntikkan spora lumut dan larutan nutrisi ke dalam cap dan menyediakan lingkungan yang optimal untuk pertumbuhan lumut.

Proyek ini dimulai di Seoul pada Maret 2022 dan selesai pada Januari 2023. Dalam merencanakan proyek ini, tantangan terbesar adalah menciptakan struktur yang dapat mengeluarkan lumut, bukan cairan. Masalah ini diatasi dengan memeriksa berbagai jenis lumut dan mempelajari struktur molekul mereka.

Proyek MOSS telah mendapatkan penghargaan Iron dalam A' Sustainable Products, Projects and Green Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Dengan mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, mereka memberikan kepuasan dan perasaan positif, berkontribusi terhadap dunia yang lebih baik.

Ms Team berharap bahwa proyek ini dapat mengajak masyarakat untuk merasakan betapa seriusnya polusi lingkungan, melihat perubahan bumi akibat tindakan mereka, dan menyadari pentingnya dunia yang berkelanjutan. Dengan berpartisipasi dalam proyek ini, setiap individu dapat berkontribusi dalam upaya konservasi lingkungan dan membantu memulihkan ekosistem alam.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Jisu Lee, Eunhye Lee, Terim Bang
Kredit Gambar: Jisu Lee, Eunhye Lee, Terim Bang
Anggota Tim Proyek: Designer : Lee Jisu Designer : Taerim Bang Designer : Eunhye Lee
Nama Proyek: Moss
Klien Proyek: Jisu Lee, Eunhye Lee, Terim Bang


Moss IMG #2
Moss IMG #3
Moss IMG #4
Moss IMG #5
Moss IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang