KGI Bank: Merancang Ulang Situs Web untuk Pengalaman Perbankan yang Lebih Baik

Menghubungkan dengan Pelanggan melalui Desain yang Menarik

Informasi yang mudah diakses bukanlah satu-satunya hal yang penting dalam sebuah situs web perbankan. KGI Bank, bekerja sama dengan tim desain Frog Singapore, telah merancang ulang situs web mereka untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan. Dengan menggabungkan elemen desain yang minimalis dan dinamis, situs web ini menghadirkan pengalaman yang unik dan menarik bagi pengguna.

Ketika merancang ulang situs web KGI Bank, tim desain Frog Singapore memiliki tujuan untuk menyatukan pengalaman perbankan korporat dan ritel dalam satu platform yang mudah digunakan. Mereka ingin menciptakan situs web yang lincah, sederhana, dan cerdas. Dalam prosesnya, tim bertanya pada diri sendiri bagaimana mereka dapat benar-benar terhubung dengan pelanggan pada setiap interaksi.

Situs web KGI Bank tidak hanya menjadi tempat untuk mendapatkan informasi dengan mudah, tetapi juga tentang menghubungkan pelanggan dengan perusahaan pada setiap interaksi. Untuk mencapai hal ini, situs web ini dirancang untuk membawa pelanggan dalam perjalanan yang membantu mereka menemukan apa yang mereka cari dengan mudah. Melalui animasi mikro yang mengejutkan, interaksi yang umum menjadi lebih menarik dan menghadirkan pengalaman yang berbeda.

Dalam merealisasikan desain ini, tim desain menggunakan Figma sebagai alat untuk merancang antarmuka pengguna situs web. Mereka menciptakan desain responsif yang dapat diakses melalui perangkat mobile dan desktop, memastikan pengalaman pengguna yang konsisten di berbagai platform.

Desain situs web KGI Bank memiliki beberapa keunikan yang membedakannya dari yang lain. Dengan menekankan kesederhanaan konsep visual, situs web ini membantu pelanggan merasa rileks dengan memungkinkan mereka secara perlahan menemukan berbagai aspek perbankan yang ditawarkan. Dalam peran sebagai pendamping digital bagi pelanggan, situs web ini menyediakan tombol panggilan tindakan yang strategis dan akses mudah ke alat-alat yang sering digunakan untuk mendorong langkah selanjutnya.

Proyek desain situs web KGI Bank ini melibatkan kolaborasi tim dari Frog Singapore, Shanghai, dan Taiwan selama 9 minggu, mulai dari 5 Juli 2021 hingga 10 September 2021. Selama proses ini, tim melakukan penelitian yang mendalam untuk mengembangkan konsep visual yang sederhana dan template yang sesuai dengan panduan konten yang ada.

Salah satu tantangan terbesar dalam merancang ulang situs web ini adalah menghadirkan informasi tentang empat anak perusahaan dalam satu platform. Tim desain harus menemukan keseimbangan antara memberikan konteks yang cukup kepada pelanggan sambil memastikan kemudahan penggunaan. Dalam mengatasi tantangan ini, tim fokus pada peningkatan navigasi ke bagian anak perusahaan yang berbeda dengan panduan yang subtil untuk memudahkan penemuan informasi.

Tim desain ingin mereimaginasikan bagaimana situs web perbankan yang kompleks seharusnya dirasakan oleh pelanggan. Dengan menampilkan informasi tentang empat anak perusahaan dalam satu platform, tim fokus bukan hanya pada penyediaan informasi yang mudah, tetapi juga pada benar-benar terhubung dengan pelanggan pada setiap interaksi. Melalui desain yang menarik dan animasi yang mengejutkan, situs web KGI Bank memberikan pengalaman yang unik dan menghadirkan interaksi yang berbeda dari yang biasa.

Desain situs web KGI Bank yang inovatif ini telah diakui dengan penghargaan Iron dalam A' Website and Web Design Awards 2022. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Desain ini dihormati karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, memberikan kepuasan dan perasaan positif, serta berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: frog Singapore
Kredit Gambar: frog Singapore, 2022
Anggota Tim Proyek: Executive Creative Director: Ignatius Ong Executive Program Director: Chaz Lu Program Director: Lucas Chen Project Creative Lead: Emmanuelle Hu Ying Program Manager: Sandy Wang Visual Designer: Anna Tsai and Qingbei Wang UX Designer: Sue Su UXUI Designer: Emma Wang UX Design Assistant: Elvin Lu Design Technologist: Sid Huang Please note: Members in this project team are from frog design studios in Singapore and Shanghai.
Nama Proyek: KGI Bank
Klien Proyek: frog Singapore


KGI Bank IMG #2
KGI Bank IMG #3
KGI Bank IMG #4
KGI Bank IMG #5
KGI Bank IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang