Renovasi Grandbuy: Membangkitkan Kembali Toko Serba Ada Legendaris

Merancang Ulang Pengalaman Belanja Melalui Renovasi Ruang

Proyek renovasi toko serba ada Grandbuy oleh Hu Chen, mengubah pengalaman belanja konsumen melalui desain ruang yang inovatif dan berfokus pada pergerakan konsumen.

Grandbuy, sebuah toko serba ada legendaris di jalan pejalan kaki yang terkenal di Guangzhou, China, telah menjalani transformasi besar-besaran. Dengan dua bangunan yang dibangun pada waktu yang berbeda, toko ini sebelumnya mengalami kesulitan dalam menyatukan pengalaman belanja konsumen. Namun, berkat renovasi yang dirancang oleh Hu Chen, toko ini kini telah menjadi satu kesatuan yang utuh, baik dari sisi ruang maupun bisnis.

Proyek ini terinspirasi oleh konsep "rute konsumen", yang dianggap sebagai "pembuluh darah" dari ruang komersial. Dengan mengikuti "pembuluh darah" ini, Chen menggunakan teknik desain ruang untuk merekonstruksi rute konsumen, dengan tujuan untuk meningkatkan aliran konsumen, menarik lebih banyak konsumen, dan meningkatkan pendapatan toko.

Salah satu tantangan utama dalam proyek ini adalah mengatasi ketidaksesuaian spasial antara dua bangunan yang ada. Dengan merancang ulang rute konsumen, Chen berhasil menghubungkan kedua bangunan tersebut menjadi satu kesatuan. Hasilnya, pada hari pembukaan kembali setelah renovasi, penjualan Grandbuy mencapai puncak tertinggi dalam setahun.

Salah satu teknologi yang digunakan dalam proyek ini adalah penggunaan plat aluminium ringan dengan sistem warna yang dapat diubah. Plat ini dicetak dalam bentuk ubin arsitektur Guangzhou, dengan pencahayaan ilusi dan matriks lampu LED RGB berwarna komputer untuk membuat toko serba ada ini "melompat keluar" di antara bangunan-bangunan di sekitarnya. Material ini dipilih karena tidak mahal, mudah dirawat, dan efektif.

Proyek ini juga melibatkan penelitian mendalam tentang desain renovasi ruang komersial. Melalui analisis bisnis, observasi berpusat pada manusia, analisis rute konsumen, dan penelitian estetika, tim berhasil menciptakan tujuan proposal mereka: "meningkatkan rute konsumen untuk meningkatkan penjualan".

Proyek ini telah mendapatkan penghargaan Bronze dalam A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang menunjukkan pengalaman dan keterampilan teknis yang kuat, serta berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, menjadikan dunia tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Hu Chen
Kredit Gambar: Image #1: Photographer IVY Photography & Production,On-site Photo of the Interior1,2021. Image #2: Photographer IVY Photography & Production, On-site Photo of the South Entrance,2021. Image #3 Photographer IVY Photography & Production,On-site Photo of the East Entrance,2021. Image #4: Photographer IVY Photography & Production, On-site Photo of the Interior2,2021. Image #5: Photographer IVY Photography & Production, On-site Photo of the Interior3,2021. Video Credits: Brief Introduction Video of GRANDBUY, Guangzhou Harber Architectural Design Co., Ltd, 2022.
Anggota Tim Proyek: Design Director: Hu Chen
Nama Proyek: Flourishing Grandbuy
Klien Proyek: Hu Chen


Flourishing Grandbuy IMG #2
Flourishing Grandbuy IMG #3
Flourishing Grandbuy IMG #4
Flourishing Grandbuy IMG #5
Flourishing Grandbuy IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang