Iedde: Menghidupkan Kembali Tradisi dengan Desain Modern

Giuliano Ricciardi Membawa Inovasi ke Dapur dengan Pisau Kerang Iedde

Pisau kerang Iedde, hasil karya Giuliano Ricciardi, adalah perwujudan sempurna dari bagaimana tradisi dan inovasi dapat berpadu dalam sebuah desain. Mengambil inspirasi dari kerang hitam Taranto, Iedde bukan hanya alat dapur, tetapi juga simbol budaya dan tradisi.

Grammella, alat tradisional dari Taranto, Italia, digunakan untuk membuka kerang. Iedde adalah hasil dari proses desain ulang yang berfokus pada analisis grammella tradisional, penggunaannya, konteks geografis, dan kerang itu sendiri. Bentuknya yang ergonomis berasal dari gagangnya, yang dirancang untuk nyaman dipegang, dan dari bilah pisau yang mengikuti lengkungan gagang, sehingga terhubung dengan harmonis ke bagian dasar.

Proses pembuatan Iedde melibatkan teknologi canggih dan bahan-bahan berkualitas. Bilah pisau dibuat dari lembaran baja tahan karat ma5mv dengan teknologi pemotongan laser, dan dipadatkan dengan perlakuan panas di oven. Gagang kayu zaitun dibuat dengan mesin CNC. Komponen-komponen tersebut kemudian dirakit dalam struktur sandwich dengan dua pin penjepit dan akhirnya selesai dengan peralatan manual dan meja. Setiap bagian kemudian diberi cap dan nomor dengan ukiran laser.

Iedde bukan hanya alat dapur, tetapi juga simbol budaya dan tradisi. Dengan bentuk, fungsi, dan materialnya, Iedde bukan hanya grammella, tetapi juga objek ikonik yang merujuk pada tradisi dan wilayah; sebuah pesan visual yang nyata. Iedde dirancang untuk menjadi hadiah modern untuk kota Taranto.

Proyek ini dimulai pada April 2022 di Taranto dan selesai pada September 2022 di kota yang sama. Prototipe pertama dipamerkan pada Festival Ego di Taranto pada September 2022. Pada Desember 2022, 100 buah diproduksi dan dijual dengan sistem pemesanan, dan pada Februari 2023, produksi massal dimulai untuk pasar nasional dan internasional. Pada 28 Februari, Iedde dipamerkan di acara Amoris Terrae di Fasano (Brindisi - Italia).

Desain Iedde telah memenangkan Golden A' Bakeware, Tableware, Drinkware and Cookware Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada karya yang luar biasa, menonjol, dan menjadi tren, yang mencerminkan kejeniusan dan kebijaksanaan desainer. Mereka adalah produk yang dihormati dan ide cerdas yang memajukan seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, yang mencakup keunggulan luar biasa dan berdampak signifikan pada dunia dengan karakteristik yang diinginkan.

Giuliano Ricciardi telah berhasil membawa inovasi ke dapur dengan pisau kerang Iedde, menghidupkan kembali tradisi dengan desain modern. Dengan Iedde, Ricciardi tidak hanya menciptakan alat dapur yang fungsional, tetapi juga menghargai dan merayakan budaya dan tradisi.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Giuliano Ricciardi
Kredit Gambar: Image #1: Photographer Giuliano Ricciardi, Iedde 01, 2023 Image #2: Photographer Giuliano Ricciardi, Iedde Combo, 2023 Image #3: Photographer Giuliano Ricciardi, Iedde 02, 2023 Image #4: Photographer Giuliano Ricciardi, Iedde with mussels, 2023 Image #5: Photographer Giuliano Ricciardi, Iedde packaging, 2023
Anggota Tim Proyek: Giuliano Ricciardi
Nama Proyek: Iedde
Klien Proyek: Giuliano Ricciardi


Iedde IMG #2
Iedde IMG #3
Iedde IMG #4
Iedde IMG #5
Iedde IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang