Solar Mars Bot: Robot Penyimpan Energi Cerdas dan Otomatis

Desain Inovatif dari Wei Bai, Tao Xu dan Xiaowei Yin

Robot penyimpan energi yang mengintegrasikan panel surya dan sistem penyimpanan energi, menciptakan solusi energi cerdas dan efisien.

Solar Mars Bot adalah hasil dari upaya Wei Bai, Tao Xu dan Xiaowei Yin untuk menciptakan solusi energi yang cerdas dan efisien. Menghadapi tantangan seperti waktu matahari dan sudut datang cahaya yang mempengaruhi efisiensi pembangkit listrik tenaga surya, tim desainer ini berhasil mengintegrasikan pembangkit listrik tenaga surya dan penyimpanan energi ke dalam sebuah robot servis. Hasilnya, Solar Mars Bot sangat adaptif terhadap perubahan lingkungan eksternal, meningkatkan efisiensi konversi fotoelektrik dan memberikan pengalaman listrik yang lebih cerdas dan efisien kepada penggunanya.

Keunikan dari Solar Mars Bot terletak pada kecerdasan dan otomatisasinya. Panel fotovoltaik di bagian atas dilengkapi dengan sistem pelacakan cahaya otomatis yang dapat memaksimalkan pembangkitan listrik tanpa intervensi manual pada hari yang cerah. Robot ini juga dapat mendeteksi daya listriknya sendiri di malam hari dan merencanakan jalur pengisian jika diperlukan. Dilengkapi dengan modul 4G dan berbagai port, Solar Mars Bot dapat bergerak melalui pelacakan dan lokasi aplikasi, mewujudkan konsep integrasi pembangkit listrik tenaga surya, penyimpanan energi, dan sistem pengisian.

Untuk mewujudkan desain ini, tim desainer menggunakan modul penyimpanan energi yang mengadopsi inti baterai fosfat besi litium berkinerja tinggi yang memiliki siklus hidup yang lebih panjang, keamanan yang lebih tinggi, dan perlindungan lingkungan, sehingga memperpanjang masa pakai produk. Panel surya menggunakan proses laminasi etfe sehingga lapisan eva ditutupi dengan struktur sarang lebah yang memiliki efek penangkapan cahaya, yang dapat efektif mengurangi pantulan cahaya dan meningkatkan efisiensi pembangkitan listrik.

Solar Mars Bot memiliki enam panel fotovoltaik di bagian atas yang didorong oleh motor batang penghubung, dan kemudian menemukan sudut radiasi sinar matahari terbaik menggunakan sensor pelacakan cahaya. Lengan mekanis bekerja sama dengan roda untuk mewujudkan pelacakan posisi dan penyimpanan daya yang cepat. Ketika pengguna membutuhkan listrik, radar laser dan modul kamera dapat memperoleh informasi lingkungan yang lebih akurat dan lengkap, dengan mudah menyelesaikan penghindaran rintangan di luar ruangan dan merencanakan jalur ke tujuan secara independen.

Proyek ini dimulai di Shenzhen pada November 2022 dan selesai pada Februari 2023. Aplikasi paten untuk penampilan selesai pada Februari 2023. Dengan mewujudkan integrasi dan otomatisasi pembangkit listrik tenaga surya dan penyimpanan energi, Solar Mars Bot mengurangi limbah energi dan mempercepat rumah pintar hijau. Ini adalah terobosan dalam menjelajahi penggunaan efisien energi bersih terbarukan.

Solar Mars Bot telah menerima penghargaan Bronze dalam A' Robotics, Automaton and Automation Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang memperlihatkan pengalaman dan kecerdasan, menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Shenzhen Hello Tech Energy Co.,Ltd
Kredit Gambar: Shenzhen Hello Tech Energy Co.,Ltd.
Anggota Tim Proyek: Wei Bai,Tao Xu,Xiaowei Yin
Nama Proyek: Solar Mars Bot
Klien Proyek: Shenzhen Hello Tech Energy Co.,Ltd


Solar Mars Bot IMG #2
Solar Mars Bot IMG #3
Solar Mars Bot IMG #4
Solar Mars Bot IMG #5
Solar Mars Bot IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang