Human Haus Tn: Simbiosis Seni dan Warisan di Tainan

Minusplus Design Menghidupkan Ulang Sejarah Melalui Arsitektur Modern

Di tengah kekayaan sejarah Tainan, Minusplus Design menciptakan Human Haus Tn, sebuah toko pakaian yang memadukan masa lalu dan masa kini dengan apik.

Terletak di kota bersejarah Tainan, yang dikenal sebagai Castletown, Human Haus Tn adalah sebuah toko pakaian yang dirancang oleh Minusplus Design. Tainan, yang memiliki cerita kaya dan menarik, menjadi latar belakang inspiratif bagi tim desain dalam mengembangkan proyek ini. Berdekatan dengan Lin Department Store, yang merupakan inti dari perkembangan industri fashion lokal di masa awal, lokasi ini dipilih untuk membangkitkan kembali esensi historis tersebut melalui desain.

Minusplus Design mengintegrasikan objek-objek bersejarah seperti dinding bata, genteng atap, veneer kayu, dan tata letak ke dalam desain baru untuk menciptakan keseimbangan sempurna antara yang baru dan lama. Palet warna vintage yang dipilih memberikan pengalaman baru kepada pengunjung, berbeda dari toko pakaian umumnya.

Desain Human Haus Tn menonjolkan kontras antara elemen lama dan baru. Dinding panel asli yang tertutup dibongkar untuk mengungkapkan dinding bata yang menunjukkan jejak usia. Panel langit-langit dihilangkan untuk memperlihatkan struktur atap kayu yang menjadi bagian dari desain interior baru. Konsep kontras ini digunakan untuk menyoroti fitur-fitur unik ruangan. Adapun tata letak yang sempit dan panjang, yang umum di Taiwan, memerlukan pertimbangan khusus terhadap pergerakan, pandangan, dan pengalaman. Sebuah tangga digunakan untuk menciptakan visi vertikal dan tampilan jam pasir untuk menciptakan sumbu horizontal.

Dalam hal teknologi realisasi, proyek ini mengutamakan pelestarian dan menghindari penggunaan material baru yang rumit. Sebaliknya, proyek ini menekankan pada restorasi dan pelestarian material yang ada. Untuk menghindari kerusakan kayu akibat kelembapan, tim desain melapisi dinding bata, langit-langit, bingkai jendela, dan pintu dengan topcoat tahan air untuk memastikan kelestarian antik.

Human Haus Tn berlokasi di sebuah rumah tua yang dibangun pada masa pendudukan Jepang dengan luas total 52.8 meter persegi di lantai pertama. Mengikuti konsep asli, tim desain menempatkan gudang toko pakaian di lantai mezzanine dan memasang tali untuk membantu klien dalam memindahkan barang dengan efisien.

Interaksi desain dengan pengguna menjadi lebih menarik berkat kondisi-kondisi tertentu yang tidak dapat diubah. Dengan adanya kemiringan, tata letak yang panjang dan sempit, serta ruang penyimpanan yang tidak dapat dimodifikasi di kedua sisi dan atas, desain ini menggunakan tangga dan rencana bergaya jam pasir untuk menciptakan pengalaman visual yang luas. Di area penyimpanan, kayu yang dilestarikan dipasang sehingga terlihat pada tingkat pandangan untuk meningkatkan suasana nostalgia. Untuk loteng di atas, rute vertikal yang terlalu curam diatasi dengan pemasangan tali untuk memudahkan keluar masuk barang.

Proyek ini selesai pada Desember 2022 di Taiwan, dengan penelitian mendalam mengenai signifikansi historis dan peran Tainan dalam industri fashion setengah abad yang lalu. Konsep inti proyek adalah 'integrasi antara yang lama dan yang baru', di mana keduanya saling terjalin, membawa vitalitas era baru melalui kisah sejarah, sekaligus menonjolkan tekstur kuat masa lalu melalui gaya minimalis. Melalui teknik kontras dalam warna, gaya, dan efek visual, seperti baru dan lama, gelap dan terang, kasar dan halus, proyek ini membuat ruang menjadi lebih hidup.

Tantangan desain terbesar adalah menemukan keseimbangan antara mempertahankan dan membuang elemen-elemen lama. Menjaga semua elemen asli tidak hanya akan menggagalkan tujuan revitalisasi, tetapi juga gagal menangkap esensi rumah tua. Setelah banyak pertimbangan, elemen-elemen paling berharga dipertahankan dan integrasi elemen modern menjadi fokus selanjutnya. Mencapai keseimbangan antara kedua elemen ini menjadi aspek penting dari desain yang memerlukan perencanaan yang teliti.

Human Haus Tn adalah bukti bahwa setiap era meninggalkan jejaknya sendiri, dan dalam permainan cahaya dan bayangan, setiap pelanggan menorehkan cerita uniknya. Desain retro yang dipadukan dengan sentuhan modern memberikan kehidupan baru pada adegan masa lalu, dan ruang yang berumur memberikan setiap potong pakaian cerita yang menarik dan kecil.

Minusplus Design telah diakui atas kreativitas dan kejeniusan mereka dalam desain ini dengan memenangkan Bronze A' Design Award dalam kategori Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2024.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: MinusPlus Design
Kredit Gambar: Minusplus Design
Anggota Tim Proyek: Yu-Hsuan Chu, Yu-Chen Chang
Nama Proyek: Human Haus TN
Klien Proyek: MinusPlus Design


Human Haus TN IMG #2
Human Haus TN IMG #3
Human Haus TN IMG #4
Human Haus TN IMG #5
Human Haus TN IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang