Feng Yong Chao Yang: Komunitas Hunian dengan Sentuhan Modernitas

Wang Dan dan Zhang Jiyu: Arsitektur yang Menyatukan Alam dan Urban

Di tengah kepadatan Hangzhou, sebuah komunitas hunian yang menawarkan ketenangan dan keasrian telah lahir dari tangan kreatif Wang Dan dan Zhang Jiyu.

Terletak di Jalan Dongxin, Distrik Gongshu, Hangzhou, proyek Feng Yong Chao Yang menggali esensi kehidupan autentik di atas tanah yang kaya akan konteks budaya. Desain master plan yang diutamakan memberikan pengalaman ruang internal yang unik, menciptakan komunitas bergaya taman tersembunyi di tengah hiruk pikuk kota, menawarkan kedamaian alami dalam lingkungan urban yang beragam.

Keunikan desain ini terletak pada pertimbangan terhadap rencana pengembangan kota di masa depan, memaksimalkan keuntungan alam, transportasi, dan komersial setempat. Dengan menyelami atribut regional, desain ini meningkatkan nilai keseluruhan proyek. Terkonsepsi untuk terintegrasi dengan manfaat komersial, proyek ini menyatukan perencanaan master, desain arsitektur, dan gaya untuk menciptakan mahakarya yang sejalan dengan posisi kota dan mencapai hasil yang diinginkan baik oleh desainer maupun klien.

Teknologi realisasi desain ini melibatkan bangunan dengan desain modern dan ringkas, memasukkan struktur bingkai yang indah untuk membagi fasad dan mengurangi kesan megah bangunan. Fasad menggunakan dinding tirai kaca yang luas dan panel aluminium, serta pelapis batu dan cat di area tertentu seperti stasiun pengalihan dan ruang peralatan. Kombinasi bahan ini memastikan kualitas dan daya tarik estetika bangunan, menciptakan pengalaman yang mewah dan abadi.

Spesifikasi desain mencakup arsitektur yang sederhana dan modern, dengan 7 gedung tinggi yang disusun secara berurutan dari selatan ke utara dan luas lantai bruto sebesar 111,792.2sqm. Lantai dasar bangunan menggabungkan lanskap alami, menciptakan komposisi ruang yang harmonis yang memaksimalkan keunggulannya. Komunitas ini memiliki desain tanpa hambatan dan sistem pemisahan pejalan kaki dan kendaraan, mendorong lingkungan yang inklusif, kontinu, dan aman untuk semua kelompok umur.

Interaksi desain dalam komunitas ini berfungsi sebagai entitas organik, dengan sistem internal yang lengkap dan menyediakan ruang yang cukup untuk komunikasi eksternal. Desain ini bertujuan untuk menciptakan komunitas bergaya taman tersembunyi, menawarkan tempat peristirahatan di kota yang sibuk. Selain itu, desain ini menekankan penciptaan ruang terbuka dalam komunitas. Dengan menggabungkan ruang komersial lantai dasar di pintu masuk utara dan menyatukannya dengan lanskap luar ruangan, telah tercipta blok komersial yang hidup yang berbaur dengan konteks urban.

Proyek ini dimulai pada Februari 2022 dan diharapkan selesai pada Juni 2025, berlokasi di Distrik Gongshu, Kota Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China. Riset yang mendasari desain ini bertanya bagaimana memperbarui gaya hidup di kota tua Hangzhou di tengah urbanisasi yang cepat? Visi proyek adalah menciptakan komunitas bergaya taman tersembunyi di kota, dengan sistem komunitas internal yang harmonis. Dengan memanfaatkan antarmuka urban komunitas ke luar secara strategis, desain mengintegrasikan proyek dengan lingkungan urban sekitarnya, membentuk satu kesatuan organik. Ini telah menciptakan kompleks bangunan landmark baru di area urban lama, yang akan berkontribusi pada pengembangan masa depan Hangzhou.

Proyek ini diakui dengan penghargaan Bronze dalam A' Construction and Real Estate Projects Design Award pada tahun 2024. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang mengautentikasi pengalaman dan kecerdikan sumber daya. Terhormat karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, mereka menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Hangzhou Green Development Design
Kredit Gambar: Hangzhou Green Development Design
Anggota Tim Proyek: Chief designer: Wang Dan, Zhang Jiyu Design team: Wu Haiting, Liu Yuanwei, Mao Xinying
Nama Proyek: Feng Yong Chao Yang
Klien Proyek: Hangzhou Green Development Design


Feng Yong Chao Yang IMG #2
Feng Yong Chao Yang IMG #3
Feng Yong Chao Yang IMG #4
Feng Yong Chao Yang IMG #5
Feng Yong Chao Yang IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang